Selama Perundingan Damai Suriah, 1.900 Orang Tewas
Sumber: mideast.foreignpolicy.com

Nasional / 31 January 2014

Kalangan Sendiri

Selama Perundingan Damai Suriah, 1.900 Orang Tewas

Yenny Kartika Official Writer
6051

Selama sepekan saat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menggelar perundingan damai di Swiss, total ada 1.900 orang yang tewas di Suriah. Angka ini memprihatinkan karena diskusi bagi konflik Suriah tak kunjung menghasilkan resolusi.

Perundingan damai di Swiss belum menjadi jalan tengah yang ampuh. Rami Abdurrahman, ketua Syrian Observatory for Human Rights, jumlah kematian ini termasuk angka rata-rata kematian perminggu sejak konflik dimulai tiga tahun silam.

Berdasarkan data yang dihimpun dari aktivis bawah tanah, 1.900 orang telah tewas akibat bom, senapan, misil, dan penyebab lainnya. Sekitar 430 di antaranya adalah warga sipil, dan sisanya termasuk pemberontak maupun pendukung Presiden Bashar Assad.

Konflik Suriah bermula dari protes melawan pemerintahan Assad, Maret 2011. Protes tersebut berkembang menjadi perang sipil yang telah menewaskan lebih dari 130.000 orang. Konflik kian memanas, terutama di Aleppo, kota terbesar di Suriah. Akibatnya, sekitar 2 juta penduduk bermigrasi ke negara-negara tetangga.

Perundingan damai tampaknya belum menghasilkan jalan keluar yang nyata. Meskipun demikian, negosiasi lanjutan tetap ditempuh sebagai upaya penghentian perang.


BACA JUGA:

Grammy 2014: Ritual Satanis dan Pernikahan Gay Sampaikan Pesan Apa?

Tuhan Dilarang Masuk ke Sekolah-sekolah di AS

Lukman Sardi: Attitude Jelek Bisa Matikan Karir Perfilman

Sakit Kepala Sembuh Setelah Mengampuni Sang Ayah

7 Kebiasaan yang Merusak Otak

Sumber : AP/Jawaban.com/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami