Muslihat yang Dikalahkan
Kalangan Sendiri

Muslihat yang Dikalahkan

Lois Official Writer
      8931
Show English Version

Ester 3:6

 “tetapi ia (Haman) menganggap dirinya terlalu hina untuk membunuh hanya Mordekhai saja, karena orang telah memberitahukan kepadanya kebangsaan Mordekhai itu. Jadi Haman mencari ikhtiar memunahkan semua orang Yahudi, yakni bangsa Mordekhai itu, di seluruh kerajaan Ahasyweros.

 

 Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu66[/kitab]; [kitab]Marku16[/kitab]; [kitab]hosea13-14[/kitab]

 

Selama kita masih hidup di dunia ini, seringkali ada ketidakadilan yang kita rasakan. Hal itu bisa dalam bentuk apa saja. Ada yang mungkin merasa iri sehingga berniat membuat reputasi kita jelek di hadapan atasan. Ada yang mencoba menyingkirkan kita karena melihat dagangan kita laku. Ada juga mungkin yang tidak senang dan selalu membicarakan hal-hal yang jelek tentang kita.

Perbuatan jahat yang orang lain timpakan pada kita itu membuat kita sengsara, padahal kita merasa tidak berbuat suatu hal yang salah padanya. Entah mengapa, orang ini selalu berusaha menjatuhkan kita.

Haman adalah contoh ekstrim namun nyata saat seseorang sakit hati dan ingin membalaskan rasa sakit hatinya tersebut. Dia merancangkan muslihat untuk menjatuhkan Mordekhai, padahal Mordekhai tidak pernah melakukan sesuatu hal yang salah padanya. Memang betul, Mordekhai tidak pernah sujud menyembah Haman ketika lewat, tapi itu semua dilakukannya karena memang itulah yang Tuhan perintahkan pada bangsa Israel. Jangan sujud menyembah pada ‘allah’ lain (termasuk Haman dalam hal ini) selain Tuhan.

Namun apa yang terjadi atas Haman dan muslihatnya? Mordekhai pun meminta pertolongan kepada Ester. Mereka beserta bangsa Israel akhirnya berpuasa tiga hari tiga malam. Apa yang terjadi? Muslihat Haman tidak berhasil, dia bahkan disulakan pada tiang yang dibangunnya untuk Mordekhai. Tidak hanya itu, Mordekhai bahkan diangkat jadi orang kepercayaan raja dan bangsa Israel mengalahkan pembenci-pembenci mereka.

Percayalah, orang yang benar di hadapan Tuhan, tidak akan terkena muslihat apapun. Dia mungkin mengalami pencobaan tapi tidak akan pernah jatuh. Orang yang benar akan selalu dibela Tuhan, tidak peduli betapa buruknya masalah tersebut. Orang yang benar pasti selalu jadi pemenang. Jadi minta pada Tuhan jalan keluarnya, teruslah berjuang dan jangan menyerah.

 

Muslihat tidak akan menang melawan orang yang benar hatinya dan berpaut pada Tuhan. Hal itu semua karena Tuhanlah yang akan memberikan jalan keluar dan membela perkaranya.

Ikuti Kami