Tidak Mampu Mengampuni?
Kalangan Sendiri

Tidak Mampu Mengampuni?

Yenny Kartika Official Writer
      6240
Show English Version

Efesus 4:32

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.


Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu37[/kitab]; [kitab]iTimo1[/kitab]; [kitab]Yesay27-28[/kitab]

 

Mengampuni dengan tulus dan terus-menerus seharusnya menjadi tabiat alamiah kita setelah memahami pengampunan yang Tuhan berikan kepada kita. Orang yang sudah diampuni seharusnya dapat dan mau mengampuni orang lain.

Dalam Doa Bapa Kami, Yesus menyuruh kita untuk berdoa: “dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami” (Matius 6:12). Yesus seakan sedang berkata, “Sebagaimana kamu menerima pengampunan dari Allah atas kesalahan yang kamu perbuat, sampaikanlah pengampunan yang sama kepada orang lain yang bersalah kepada kamu.”

Bagi Yesus, pengampunan itu penting. Kita seringkali berharap agar segala sesuatunya sempurna. Kita ingin suami yang sempurna, istri yang sempurna, gereja yang tak bercacat cela, teman-teman yang tanpa kesalahan, anak-anak yang tidak pernah nakal, dll. Namun kita tidak pernah mendapat kesempurnaan tersebut, karena orang-orang itu sama seperti kita. Mereka memiliki kekurangan. Kita semua memiliki kekurangan. Kita semestinya menyadari bahwa kita bersalah dan orang lain juga memiliki kesalahan. Sudah sepatutnya kita mengampuni mereka, sebagaimana kita telah diampuni. Rasul Paulus menulis, “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.” (Efesus 4:32).

Seorang pria pernah menemui pengkhotbah John Wesley dan berkata, “Aku tidak pernah bisa mengampuni dan melupakan.” Wesley menjawab pria itu, “Begitu, ya? Saya harap, Anda tidak pernah melakukan kesalahan.”


DAPATKAH ANDA MEMBAYANGKAN JIKA TUHAN BERKATA, “AKU TIDAK PERNAH BISA MENGAMPUNI DAN MELUPAKAN KAMU” ? KARENA DIA BERSEDIA UNTUK MENGAMPUNI DAN MELUPAKAN, MAKA KITA PUN SEHARUSNYA DEMIKIAN.

Ikuti Kami