KWI : Kami Bersukacita Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

KWI : Kami Bersukacita Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

Budhi Marpaung Official Writer
4155

Terpilihnya Jorge Mario Borgoglio, Kamis (14/3), pukul 01:06 WIB, sebagai Sri Paus yang baru disambut dengan gembira oleh seluruh umat Katolik di dunia, termasuk konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

"Atas nama pribadi dan sebagai Sekjen KWI mewakili para Uskup Indonesia, kami bersukacita atas terpilihnya Paus baru, yang memilih nama Fransiskus," ucap Sekjen KWI Mgr Johannes Pujasumarta kepada Antara di Jakarta, Kamis (14/3).

Dikatakan Mgr Pujasumarta, pelaksanaan konklaf yang singkat juga disyukuri karena seluruh umat Katolik sudah bisa memiliki Sri Paus sebelum perayaan Paskah.

Lebih lanjut, Mgr Pujasumarta mengungkapkan dipilihnya nama Fransiskus oleh Sri Paus yang baru seperti menegaskan kehendak orang nomor satu di Vatikan itu untuk menghayati kehidupan iman Santo Fransiskus dari Asisi, yang berpihak kepada kaum kecil, lemah, miskin, dan tersingkir.

"Kita sudah bisa merasakan bahwa Paus Fransiskus adalah pribadi yang sederhana dan rendah hati," tandasnya.

Dukungan umat Katolik di Indonesia kepada Bapa Suci Paus Fransiskus dinyatakan secara khusus dalam Doa Syukur Agung di setiap perayaan ekaristi. "Kami percaya bahwa Allah telah mengutus Gembala Agung yang tepat untuk zaman kita," pungkasnya.

Paus Fransiskus adalah paus pertama yang berasal dari luar Benua Eropa dan dari ordo Jesuit. Dia terlahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio pada 17 Desember 1936, sebagai anak pertama dari lima bersaudara.

Paus Fransiskus sendiri merupakan pengganti Paus Benediktus XVI yang pada akhir Februari lalu memutuskan mengundurkan diri. Dalam pidato perpisahan dengan puluhan ribu umat Katoik di Vatikan, Paus Benediktus XVI mengatakan bahwa kemundurannya itu bukanlah karena alasan pribadi, tetapi semata-mata untuk membaktikan diri kepada doa untuk gereja Katolik, gereja yang akan dia cintai sepanjang hidupnya.  

Baca juga :

Paus Baru Pilih Nama Francis, Apa Alasannya ?

Dahlan Iskan Usulkan Jokowi Hapus Sistem 3 in 1

Abraham Alex Tanuseputra Diduga Palsukan Akte Pendirian Gereja

Pihak Abraham Alex Tanuseputra Tanggapi Tuduhan Penggelapan Uang Gereja

Dokumentasi Kopdar Perdana JCers 2013

The Way You Love Me

Kisah Nyata Betco : Pria Playboy yang Suka Meniduri Wanita

Sumber : kompas.com, tribunnews.com / budhianto marpaung

Ikuti Kami