Langkah-Langkah Ini Buat Paru-Paru Tetap Kuat

Langkah-Langkah Ini Buat Paru-Paru Tetap Kuat

Lois Official Writer
5024

Paru-paru memiliki fungsi vital untuk menunjang kehidupan manusia sehingga harus dijaga. “Paru-paru merupakan organ yang tahan lama asalkan ia tidak diserang dari luar dan dirawat dengan benar,” ujar Norman H. Edelman, MD selaku kepala medis dari American Lung Association (ALA). Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan kuat, yaitu :

Jangan Merokok

Tidak ada batas aman ketika seseorang merokok, namun semakin sering dia merokok semakin besar resiko paru-parunya menjadi rusak. Jangan merokok atau sejenisnya seperti cerutu atau ganja, jika ingin paru-paru tetap kuat.

Menjaga Udara Bersih

Berada di lingkungan yang sehat sangat membantu paru-paru tidak bekerja dengan keras. Untuk itu, hindari penggunaan kendaraan bermotor, hentikan kebiasaan membakar kayu atau sampah, dan waspadai polusi udara dari lingkungan.

Melakukan Olahraga

Menurut Dr. Edelman, semakin bagik kebugaran kardiorespirasi seseorang, maka semakin mudah paru-parunya menjaga jantung dan otot yang mensuplai oksigen. Olahraga teratur sangat membantu untuk menjaga paru-paru kuat dan juga membantu orang dengan penyakit paru-paru kronis.

Meningkatkan Udara di Dalam Ruangan

Jagalah ruangan tempat Anda sering menghabiskan waktu. Karpet yang tidak bersih, penyegar ruangan dengan bahan kimia berbahaya, penggunaan lilin berlebihan, adanya pengerjaan bangunan dan lain sebagainya dapat mempengaruhi kebersihan udara di ruangang tersebut. Karena itu, kurangi sumber-sumber penyebab polusi udara dalam ruangan dan perhatikan ventilasi yang baik bagi ruangan tersebut.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Makanan yang kaya akan antioksidan merupakan sumber yang baik bagi paru-paru, terutama sayuran berdaun hijau. Sumber ini sebaiknya berasal dari makanan dan bukan suplemen.

Menggunakan Alat Pelindung Diri Saat Bekerja

Banyak pekerjaan yang menempatkan paru-paru berisiko, seperti pekerja konstruksi bangunan hingga penata rambut. Gunakan masker atau sejenisnya agar partikel asing tak masuk ke tubuh.

Menggunakan Produk yang Aman

Usahakan menghindari produk yang berbahan dasar minyak, produk dengan VOC, produk menggunakan amonia. Jadi sebelum membeli, baca label dengan teliti.

Mulailah menjaga setiap bagian tubuh kita sehingga sampai masa tua pun kita tetap sehat dan bugar. Tidak susah menjaga tubuh sehat, terutama jika dilihat dari asupan makanan yang harus kita konsumsi dan juga olahraga. Dapatkan paru-paru yang kuat mulai saat ini.

 

Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Istri Kepada Suami (1)

Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Aman Dikonsumsi

Mengakhiri Pertandingan dengan Baik

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Soekarno, Pejuang Kemerdekaan dengan Segala Romansanya

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami