Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak
Sumber: dailymail.co.uk

Parenting / 12 November 2013

Kalangan Sendiri

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Lois Official Writer
9250

Salah satu cara pengasuhan yang baik buat anak adalah dengan cara menjadi sahabat bagi anak tersebut. Pertanyaannya, bagaimana dapat menjadi sahabat sekaligus dapat mendidik anak sesuai dengan kebenaran sejati? Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

-         Sebagai orangtua, kita harus mempunyai sikap yang benar terhadap anak. Seperti yang tertulis dalam kitab Ulangan yang diambil dari [kitab]ulang11:18,19[/kitab] Tuhan meminta kita untuk mewariskan iman kita kepada anak. Jangan sampai anak dijadikan penyambung keturunan belaka dan hanya menjadi beban.

-         Perlu bagi orangtua untuk masuk ke dunia anak, kita mesti pahami tahap perkembangan anak dan pola pikirnya. Dengan begitu, kita tahu caranya masuk dan menggunakan bahasa-bahasa yang dipahami anak-anak seusianya. Cobalah untuk mengerti perasaan anak-anak dan komunikasikan pengertian kita kepada mereka dengan benar.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, ada pula hal-hal yang harus kita berikan kepada si anak yaitu kita perlu menerima kelemahan anak kita sendiri. Jangan melecehkannya karena kelemahannya. Setelah itu, bersama-sama menikmati kelebihannya dan hal-hal apa yang dia suka. Namun meskipun menjadi sahabat baginya, jangan lupa peran kita sebagai orangtua.

Artinya, kita mesti memberikan cinta kasih kepada anak, kita tidak boleh melupakan tugas kita untuk memperhatikan, mengasihi, dan mendisiplin mereka. Kalau memang anak-anak salah, mereka harus didisiplin.

Mungkin sekali bagi kita untuk menjadi sahabat sekaligus orangtua yang baik bagi anak-anak. Terapkan rasa percaya di dalam dirinya sehingga dia mau bercerita apa saja kepada kita sebagai orangtua dan jadilah perwakilan yang baik bagi Tuhan untuk membentuk generasi muda yang takut akan Tuhan.

 

Baca juga :

Cara Memilih Mangga yang Manis

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Cakupan dalam Berkarir Musik

Aksi Thor Saat Asgard Diancam Musuh

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Semut dan Belalang di Negeri Serangga

Mau Langsing Setelah Melahirkan? Ini Caranya

Artis di Dunia Politik dan Perselingkuhan

Sumber : telaga.org by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami