Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Istri Kepada Suami (1)

Marriage / 17 November 2013

Kalangan Sendiri

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Istri Kepada Suami (1)

Lois Official Writer
7777

Sahabat adalah orang yang mendampingi dan melengkapi kita. Sahabat ada dalam semua masa kehidupan kita dan dia peduli. Menjadi sahabat bagi pasangan adalah salah satu hal yang bisa lakukan untuk menambah keharmonisan rumah tangga. Berikut ini adalah hal-hak praktis yang bisa diperankan seorang istri sebagai sahabat bagi suaminya :

Seorang istri yang mengerti suaminya. Seorang istri perlu mengerti bahwa pria menghormati wanita yang stabil emosinya, sebab di dunia pria seseorang yang terlalu dikuasai oleh emosi cenderung dijauhi, bahkan bagi banyak pria seseorang yang menunjukkan emosi yang terlalu kuat menjadi seseorang yang menakutkan. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diupayakan wanita : mengontrol emosi sewaktu bicara, menyampaikan perkataan dengan bahasa yang tepat dan lemah lembut, serta menyatakannya secara konkret.

Pria tidak siap dan tidak menyukai kejutan. Kejutan di sini berarti perubahan mendadak dari sesuatu yang sudah rutin pada umumnya. Pria menyukai hal-hal yang sudah bisa diantisipasi, hal-hal yang memang sudah terencana.

Wanita perlu mengerti bahwa pria tidak menyukai problem dalam rumah. Hal ini disebabkan oleh dua alasan. Pria cenderung menganggap atau mengharapkan rumah sebagai tempat dia berteduh, tempat dia bisa keluar dari tempat pekerjaan, tempat dimana dia harus menghadapi problem. Yang kedua, pria adakalanya kurang mahir menghadapi problem di rumah karena problem membuatnya merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan dirinya.

Dalam hal ini wanita harus pandai bersikap saat problem terjadi di dalam rumah tangganya, yaitu mengungkapkan masalah atau ketidakpuasannya dalam kemasan nada positif, hindari kata-kata tuduhan, dan fokuskan apa yang menjadi dampak masalah itu kepada kita bukannya menyatakan kesalahan apa yang dilakukannya.

- Saat perbedaan pendapat terjadi, jangan menyerang secara frontal. Jika istri tidak sependapat, istri bisa mengajukan beberapa pilihan untuk dipertimbangkan.

- Dalam usaha, istri membantunya untuk berhasil dalam usaha dan tidak menghambatnya berkarir. Pria juga mengharapkan istri menghormatinya di hadapan orang lain.

- Wanita harus mengerti bahwa pria menikmati seks sebagai kepuasan fisik dan menggunakan seks sebagai wadah pernyataan kemesraannya. Pria sangat bahagia jika istrinya berpartisipasi dalam hubungan seksual dengannya, terimalah kemesraan seksual ini sebagai kemesraan romantis. Yang terakhir, sedapat mungkin jangan menolak kebutuhan seksualnya, sebab penolakan atau ketidaksenangan ditafsirkan sebagai penghinaan bagi pria.

[kitab]efesu5:22[/kitab] menyatakan kalau mau jadi sahabat buat seorang suami yang terpenting adalah benar-benar menghormati dia, pikirannya, permintaannya, keinginannya. Hal ini akan direspon secara positif oleh suami.

 

Baca juga :

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sumber : telaga.org by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami