Sinabung Meletus Lagi, Erupsi Capai 10 Kilometer
Sumber: Antaranews.com

Nasional / 20 November 2013

Kalangan Sendiri

Sinabung Meletus Lagi, Erupsi Capai 10 Kilometer

Lori Official Writer
4008

Erupsi besar gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali terjadi pada Selasa (19/11) malam pukul 21.56 WIB, dengan ketinggian mencapai 10.000 meter atau 10 Kilometer. Lalu tiga erupsi susulan lainnya kembali terjadi pada hari ini Rabu (20/11) dini hari.

“Erupsi disertai dengan awan panas 500 meter, durasi 8.5 menit 515 detik. Ada suara gemuruh terdengar sampai Berastagi-Kabanjahe. Radius 3 kilometer, dampak abu vulkanik,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, seperti dilansir Kompas.com, Selasa (19/11) malam.

Erupsi kali ini dinilai sangat berbeda dengan sebelumnya lantaran tercatat merupakan erupsi terbesar sepanjang 2013. Sedang letusan susulan mencapai ketinggian yang lebih rendah mulai dari 1000-2500 meter. Statusnya masih tetap Siaga (level 3). Gunung berketinggian 2.460 meter ini diperkirakan masih berpotensi mengalami erupsi susulan yang lebih besar.  

Hingga berita ini diturunkan, jumlah pengungsi tercatat sebanyak 6.211 jiwa di 16 titik pengungsian. Sepanjang erupsi, masyarakat dihimbau untuk tetap siaga dan tidak berada dalam radius 3 km dari lokasi gunung merapi lantaran diperkirakan terjadinya potensi erupsi susulan dan banjir lahar dingin.

Bencana alam memang tidak dapat dielakkan, sebab merupakan proses alam. Kita turut prihatin dan berdoa bencana yang dialami oleh saudara-saudara kita segera berakhir agar dapat menjalankan kembali aktifitasnya seperti sedia kala.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Penyebar Surat Seks Bebas di Bandung Dituntut Setahun Penjara

Kanye West : Saya Percaya Dunia Bisa Diselamatkan Melalui Desain

Cerdas Jual Kreativitas, Trik Tambah Penghasilan di Hari Besar

Edensor, Jejak Laskar Pelangi Belitung Gapai Paris

Dina Hiji Mangsa Meraih Top Viewers

Sumber : Kompas.com/Liputan6.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami