Dampak Kehadiran Orangtua Pada Tumbuh Kembang Anak

Dampak Kehadiran Orangtua Pada Tumbuh Kembang Anak

Lois Official Writer
5924

Kehadiran orang tua punya peran yang sangat penting bagi perkembangan anak. Hal ini sangat berarti bagi mereka karena disebabkan beberapa hal yaitu : perlindungan dan perhatian buat mereka, seseorang yang memenuhi kehidupan sang anak, penanaman nilai dan arah hidup yang benar, dan mempermudah anak untuk lebih mandiri di kemudian hari.

Seperti kita ketahui, ada banyak dampak negatif buat anak-anak jika orangtua kurang menyediakan waktu bagi mereka, seperti : anak kurang bisa mengontrol diri karena mereka tidak dikontrol sewaktu kecil, mereka tumbuh tanpa pengawasan dan didikan orangtua sehingga mereka lebih bebas, mereka merasa kurang aman dengan diri mereka sendiri dan kurang mantap dengan identitas dirinya, memiliki rasa kesepian dan haus perhatian orang lain, komunikasi antara orangtua dan anak terhambat, anak juga kehilangan pegangan dan kekurangan tokoh panutan yang dapat memberikan arah hidup bagi mereka.

Karena itu, meskipun kita sibuk ataupun bekerja, kita tetap dapat memberikan perhatian bagi anak-anak, meluangkan waktu sebisa mungkin dengan mereka. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar waktu tersedia bagi mereka, yaitu :

- Mencatat seluruh kegiatan dan waktu yang kita habiskan selama kurang lebih dua minggu agar kita tahu apakah kita sudah menghabiskan waktu dengan efektif bersama anak atau tidak. Jika tidak, maka kita perlu melakukan perubahan.

- Menentukan tujuan umum dan khusus penggunaan waktu kita bersama anak selama seminggu. Tujuan umum misalnya menciptakan hubungan yang lebih baik dengan anak, tujuan khusus misalnya ngobrol dengan anak mengenai berbagai hal.

- Kita prioritaskan dulu hal-hal yang lebih penting, misalnya saja memasak untuk makan keluarga, namun tidak meninggalkan prioritas waktu untuk anak. Dalam hal ini, minta anak untuk membantu kita menyelesaikan tugas tersebut.

- Catat apa yang sudah terlaksana dari kegiatan tersebut dan amati kapan Anda merasa paling produktif berdasarkan catatan-catatan tadi dan jadwalkan kegiatan Anda yang terpenting pada masa produktif tersebut.

- Nilai kembali jadwal Anda apakah terlalu banyak hal yang ingin dikerjakan sekaligus, sehingga menjadi berlebihan.

Untuk itu, perlu dilakukan latihan berulang-ulang sehingga pada akhirnya Anda dapat memakai waktu dengan efektif dan dapat memberikan perhatian yang seharusnya kepada anak sehingga anak dapat bertumbuh dengan baik.

 

Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Istri Kepada Suami (1)

Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Aman Dikonsumsi

Mengakhiri Pertandingan dengan Baik

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Soekarno, Pejuang Kemerdekaan dengan Segala Romansanya

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sumber : telaga.org by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami