Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Aman Dikonsumsi
Sumber: google.com

Entertainment / 18 November 2013

Kalangan Sendiri

Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Aman Dikonsumsi

Lois Official Writer
53422

Bakso sangat digemari oleh penduduk Indonesia, namun juga yang paling sering menimbulkan dilema karena maraknya kejadian makanan yang satu ini sering ditambah bahan pengawet dan kimia berbahaya lainnya. Namun, jika kita sudah mengetahui ciri-ciri bakso yang aman dan baik untuk dikonsumsi, maka kita tidak perlu kuatir dan dapat memilih dimana harus membeli bakso yang baik tersebut, berikut ini ciri-cirinya :

Fisik Bakso

Jurnal Halal edisi 99 tahun 2013 menyatakan bahwa bakso yang berkualitas memiliki bentuk bulat halus, ukurannya seragam, bersih, tidak kusam, juga tidak berjamur atau berlendir.

Menurut Idris, pemilik warung bakso yang buka sejak 1968, bakso yang tanpa pengawet pun punya ciri khusus. “Kalau digeletakkan begitu saja, jam 12 siang juga sudah mulai lengket. Kalau yang pakai boraks digeletakkan begitu saja, 2-3 hari masih awet,” kata Idris.

Warna Bakso

Saat membeli bakso mentah ataupun siap santap, perhatikan warnanya. Bakso yang baik umumnya berwarna coklat muda cerah atau sedikit kemerahan dan warnanya merata. Bakso yang mengandung boraks atau formalin memiliki warna pucat baik dari luar maupun bagian dalamnya.

Tekstur Bakso

Tekstur bakso yang menggunakan boraks cenderung lebih kenyal. Untuk bakso urat, meskipun tekstur kasarnya masih terasa, rasa dagingnya akan hilang.

Bakso berformalin bila digigit maka akan kembali ke tekstur semula. Bila jatuh ke lantai, maka akan memantul tinggi seperti bola bekel.

Komposisi Daging Bakso

Nah, jika bicara tentang bakso yang enak, tentu tergantung seberapa banyak komposisi daging dan bagian dari daging sapi yang digunakan.

Idris sendiri menggunakan bagian punggung belakang sapi, iga, atau biasa juga disebut lambusir yang memiliki tekstur serat halus. Komposisinya untuk 3,5kg daging dipakai ¼ kg tepung sagu dan 4 buah garam batu yang berfungsi sebagai pengawet alami.

Bau Bakso

Ambillah bakso yang belum tercampur dengan kuah dan ciumlah baunya. Bakso yang mengandung kedua zat tersebut memiliki bau yang berbeda, tidak seperti bau daging pada umumnya.

Bila hal-hal di atas kurang cukup jelas, cobalah di rumah membuat sendiri bakso sapi tanpa bahan pengawet. Lihatlah bagaimana ciri-ciri bakso tersebut sehingga Anda tahu bagaimana bakso yang tidak aman, sehingga ketika Anda membeli di luar sekalipun, Anda tahu bagaimana bakso yang aman dan bakso yang tidak aman.

 

Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Istri Kepada Suami (1)

Cara Memilih Mangga yang Manis

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Soekarno, Pejuang Kemerdekaan dengan Segala Romansanya

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami