Depresi, Korban Topan Haiyan Ditangani Psikolog

Nasional / 16 November 2013

Kalangan Sendiri

Depresi, Korban Topan Haiyan Ditangani Psikolog

Yenny Kartika Official Writer
3814

Sekitar 55 anggota tim psikolog diterjunkan di kota Tacloban, Filipina, untuk membantu menangani kejiwaan 220.000 warga kota yang trauma akibat topan Haiyan.

Para psikolog menyebutkan sejumlah masalah psikologis yang dialami korban topan Haiyan, seperti kerusuhan dan penjarahan. Bahkan penyerbuan ke sebuah gudang beras menyebabkan 8 orang tewas.

“Dua toko besar dijarah. Mereka melakukannya bukan hanya karena makanan, tetapi lebih merupakan reaksi psikologis,” kata Annabella de Veyra, kepala departemen kesehatan di daerah bencana. “Karakter penduduk Tacloban tidak seperti itu. Mereka membutuhkan bantuan psikologis.”

Badai dahsyat Haiyan atau Yolanda telah menelan korban 4.400 jiwa, dan angka ini terus bertambah. Ribuan orang membeludak di bandara di Tacloban pada Kamis (14/11) untuk pergi meninggalkan kota itu.

“Pemandangan di bandara sangat kacau—ada ribuan orang di gerbang berusaha masuk, mengharapkan dirinya dapat penerbangan,” kata David Darg dari CBN Disaster Relief. “Dan hari ini saya mengelilingi kota (Tacloban, red.) dan benar-benar bisa merasakan warga yang putus asa karena tidak bisa melarikan diri.”

Meskipun secara fisik para korban bisa pulih, mereka umumnya mengalami trauma parah akibat menyaksikan hancurnya kota mereka dan mayat yang bergelimpangan di jalan. Menurut de Vayra, kehidupan sehari-hari warga Filipina menjadi tanpa arah.

“Para penjarah juga tidak hanya mengambil makanan, tetapi juga peralatan rumah tangga besar yang sebenarnya tidak dibutuhkan, seperti lemari es dan mesin cuci. Mereka mengambil semuanya. Ini efek psikologis,” kata De Vayra.

Mengerikannya keadaan di Filipina saat ini mengingatkan kita akan tragedi tsunami di Aceh tahun 2004 silam. Kita dapat melihat penderitaan mereka, merasakan, berempati, dan juga berkontribusi. Baik moril maupun materiil, kedua bentuk dukungan tersebut akan sangat berarti bagi mereka.

 

BACA JUGA:

1.000 Mayat Terapung Akibat Topan Haiyan di Filipina

Vatikan dan PGI Turut Bersimpati Bagi Korban Topan Haiyan

Berbagai Kisah Unik Seputar Topan Haiyan

Kisah Nyata Samuel Selingkuh dengan Tetangga Sendiri

Kiat Menjadi Konsultan IT yang Handal

Bau Mulut Seperti Aroma Buah? Bisa Jadi Anda Terkena Diabetes!

Dapat Nomor Urut 666, Pelari ini Ogah Bertanding

Miley Cyrus dan Rihanna Dinilai Sudah Keterlaluan

Forgiving Our Parents, Forgiving Ourselves

Pengalaman Seru Kamu Bisa Ditukar dengan Hadiah, Lho!

Yuk Minum Obat Malam yang Menyembuhkan!

Sumber : DW.DE | AFP | CBN | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami