Kiat Menjadi Konsultan IT yang Handal

Entrepreneurship / 15 November 2013

Kalangan Sendiri

Kiat Menjadi Konsultan IT yang Handal

Yenny Kartika Official Writer
23672

Cepatnya perkembangan IT (information technology atau teknologi informasi) membuat banyak pihak membutuhkan tenaga penasehat yang ahli di bidangnya. Baik kesehatan, pendidikan, hukum, maupun jenis bidang usaha lainnya tentu memerlukan perangkat IT.

Bisnis konsultasi IT bergerak di bidang jasa, dimana seorang konsultan IT bertugas menginformasikan klien tentang cara apa yang harus digunakan untuk mencapai target bisnis, menyelesaikan suatu masalah, atau mengefisiensi sistem IT.

Konsultan IT harus bisa menjadi problem solver (pemecah masalah) yang memiliki keahlian dan keterampilan tinggi. Seorang konsultan, baik di bidang IT maupun lainnya, harus memiliki pola pikir out of the box dan obyektif. Setelah mengidentifikasi akar permasalahan yang disampaikan klien mereka, konsultan harus mampu memberikan beberapa alternatif jalan keluar beserta dengan konsekuensinya masing-masing.

Contoh perusahaan konsultan IT yang mumpuni bisa kita lihat pada Accenture, Cambridge Technology Partners, American Management System, dan Computer Sciences Corporation.

Banyak ragam proyek yang bisa ditangani konsultan IT, antara lain:

-menguji vulnerability (kerawanan) sistem internet banking di bank,

-menginstalasi dan troubleshooting modul-modul ERP,

-membangun dan maintenance jaringan,

-membuat layanan cloud computing untuk perusahaan,

-dan lain-lain.

 

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi konsultan IT yang handal:

Wawasan dan keterampilan di bidang informasi teknologi

Pembaharuan (update) sistem dan program komputer berlangsung begitu cepat, oleh karena itu Anda harus senantiasa mengikuti tren-tren terkini seputar komputer dan teknologinya.

Keahlian yang seharusnya dimiliki konsultan IT antara lain: menguasai teknologi secara luas, menguasai berbagai macam proses business enterprise atau jenis bisnis tertentu, mendalami solusi software yang direkomendasikan, dan menguasai penulisan dokumen dengan baik.

Untuk mengasah kemampuan, ikuti sejumlah pelatihan, seminar, atau kelas khusus.

 

Komputer dan Internet

Untuk mencapai tujuan di atas, tentunya perangkat komputer mutlak dimiliki. Selain dipakai untuk mengelola bisnis, perangkat komputer beserta internet dapat membantu memperluas jaringan klien secara online, mencari informasi seputar proyek, dan melakukan promosi.

 

Lokasi

Memiliki bangunan besar untuk merintis bisnis ini merupakan langkah yang bagus, namun rumah sendiri juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk sementara. Untuk membantu pengelolaan bisnis, silakan rekrut lima sampai enam orang pekerja.

 

Portofolio

Untuk menunjukkan sisi profesionalisme dan performa kerja kepada klien, kumpulkan portofolio atau proyek. Calon klien akan lebih mudah diundang apabila konsultasi IT tersebut sering menangani banyak proyek.


BACA JUGA:

10 Jenis Bisnis Konsultan Paling Populer

Pentingnya Konsultasi demi Mencapai Karir Terbaik

Bau Mulut Seperti Aroma Buah? Bisa Jadi Anda Terkena Diabetes!

Dapat Nomor Urut 666, Pelari ini Ogah Bertanding

Miley Cyrus dan Rihanna Dinilai Sudah Keterlaluan

Forgiving Our Parents, Forgiving Ourselves

Paus Francis & Ribuan Katolik Doakan Korban Topan di Filipina

Bermain Sesuai Aturan

Yuk Minum Obat Malam yang Menyembuhkan!

Sumber : berbagai sumber | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami