1.000 Mayat Terapung Akibat Topan Haiyan di Filipina

Nasional / 10 November 2013

Kalangan Sendiri

1.000 Mayat Terapung Akibat Topan Haiyan di Filipina

Yenny Kartika Official Writer
7775

Badai topan Haiyan di Filipina tengah telah menelan korban setidaknya 1.000 orang di sebuah kota dan 200 orang di provinsi lainnya, demikian perkiraan Palang Merah Filipina pada Sabtu (9/11). Jumlah korban diperkirakan akan bertambah.

Petugas penyelamat harus berjuang menerjang daerah yang luluh lantak, dipenuhi puing bangunan dan pohon-pohon yang tumbang.

Salah satu daerah yang paling parah akibat topan ini adalah pesisir Tacloban di pusat provinsi Leyte, dimana diperkirakan ada lebih dari 1.000 orang tewas. Menurut Gwendolyn Pang, sekretaris jenderal Palang Merah Filipina, air menyapu habis kota itu.

“Diperkirakan lebih dari 1.000 mayat terlihat mengapung di Tacloban, sebagaimana dilaporkan tim Palang Merah,” kata Pang kepada Reuters. “Di Samar, ada sekitar 200 orang tewas. Proses memastikan jenazah masih berlangsung.”

Saksi mata menyatakan melihat mayat-mayat manusia terbungkus dalam kantong plastik dan diletakkan di jalan-jalan. Stasiun televisi setempat menayangkan mobil-mobil yang menumpukkan mayat-mayat tersebut untuk diangkut.

“Terakhir kali saya melihat sesuatu seperti ini adalah pasca tsunami di Samudera Hindia (gempa dan tsunami tahun 2004, red.),” kata Sebastian Rhodes Stampa, kepala PBB untuk Disaster Assessment Coordination Team.

Kedahsyatan topan “super” ini tadinya ada di kategori 5 namun pada Sabtu lalu telah turun ke kategori 4. Meskipun demikian, pengamat cuaca menilai topan akan kembali menguat saat menuju Vietnam, melintasi Laut China Selatan.

Otoritas di 15 provinsi di Vietnam telah menarik kembali perahu-perahu dan mempersiapkan kemungkinan datangnya longsor. Hampir 300.000 orang mengungsi ke dua provinsi, Da Nang dan Quang Nam.


BACA JUGA:

Stefano Sanjaya : Kaget Bisa Menang IGPL

Inilah Daftar Para Pemenang IGPL

Tips Cerdas Memilih Smartphone

Manfaatkan Kekuasaan, Artis-artis ini Selingkuh dengan Pejabat

Kisah Nyata Michael Alen, Si Agen Penari Striptease

True Story of Husband and Wife Who Were Trapped in Drugs

Mujizat Terbesar Yang Pernah Ada

Sumber : Reuters/Arab News/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami