Organisasi HAM Tolak Hasil Pemilihan Dewan PBB
Sumber: Vovworld.vn

Nasional / 14 November 2013

Kalangan Sendiri

Organisasi HAM Tolak Hasil Pemilihan Dewan PBB

Lori Official Writer
3480

Dewan HAM PBB menghadapi kritik atas pemilihan anggota barunya. Kritikan itu berasal dari sejumlah organisasi HAM dunia yang mengecam keras pemilihan sejumlah negara yang dinilai memiliki catatan hak asasi manusia yang tidak konsisten.

Menurut Organisasi HAM yang berpusat di New York, lima anggota baru terpilih seperti Rusia, China, Arab Saudi, Vietnam dan Aljazair dinilai memiliki catatan HAM yang buruk dan dianggap tidak pantas menjadi anggota Dewan HAM.

Sementara oraganisasi U.N Watch yang berpusat di Jenewa menyampaikan bahwa hasil daripemilihan tersebut merupakan keputusan yang meragukan kredibilitas Dewan HAM PBB.

Organisasi-organisasi HAM ini mengungkapkan protesnya atas sejumlah poin pelanggaran HAM yang acap kali terjadi seperti penindasan terhadap pembangkang politik, undang-undang perburuhan, praktik buruk aparat keamanan dan sistem kekuasaan oleh partai politik.

Namun Dewan HAM PBB yang beranggotakan 47 negara ini tampak tidak menggubris penolakan itu. Sebanyak 14 anggota barunya resmi diangkat pada Selasa (12/11) kemarin. Anggota baru itu terdiri dari Aljazair, China, Perancis, Maladewa, Meksiko, Maroko, Namibia, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Makedonia dan Vietnam.

Cukup dilematis memang bila negara yang ternyata menjadi pelaku pelanggaran hak asasi manusia diberi tanggung jawab dalam memerangi pelanggaran HAM di dunia Internasional.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pemerintah China Sambut Baik Peran Pelayanan Sosial Gereja

Jokowi : Pusat Beri Pajak Nol Persen Untuk Angkutan Umum

Inilah Sosok Pemenang Miss Universe 2013

Dikritik Tak Tegas, SBY: Jadi Presiden Emang Enak?

Terima Kasih Mitra CBN, Saya Mendapatkan Pekerjaan Baru

Sumber : Voanews.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami