Kenali Tanda Osteoporosis Sejak Sekarang

Kenali Tanda Osteoporosis Sejak Sekarang

eva Official Writer
8433

Mendengar istilah osteoporosis tentu kita berpikir bahwa penyakit ini identik dengan penyakit kaum manula. Namun tahukah Anda bahwa penyakit ini disebut-sebut sebagai silent disease? Sebagian besar orang tidak tahu bahwa mereka pada dasarnya rentan untuk menderita penyakit ini, sebagai contoh kyphosis (postur tubuh yang bungkuk).

Pada tahap awal, Anda biasanya tidak akan merasakan nyeri atau gejala lainnya. Fatalnya lagi, osteoporosis ternyata dapat menyebabkan masalah serius bagi perempuan. Hal ini dapat disebabkan karena kebiasaan mengangkat benda berat, naik tangga atau aktivitas berat lainnya.  Namun begitu tulang Anda melemah dan keropos, Anda akan mengalami gejala osteoporosis seperti:

1. Tinggi badan menyusut

Penyebab penurunan tinggi badan ini adalah fraktur tulang belakang atau vertebrata yang umumnya tanpa keluhan, tetapi tubuh semakin pendek dan membungkuk. Bila terdapat penurunan tinggi badan sebanyak 2 cm dalam 3 tahun terakhir, hal itu menandakan adanya fraktur tulang belakang yang baru. Semakin tua umur seseorang yang terserang osteoporosis maka semakin pendek postur tubuhnya.

2. Bentuk tubuh berubah, seperti tulang bungkuk

Osteoporosis pada tulang belakang menimbulkan fraktur kompresi atau kolaps tulang dan menyebabkan badan membungkuk. Kiposis yang berat bisa mengakibatkan gangguan pergerakan otot pernapasan. Kita bisa merasakan sesak nafas dan terkadang bahkan timbul komplikasi pada paru-paru.

3. Tulang mudah patah dan rapuh

Pada kondisi ini bisa terjadi patah tulang meskipun tidak harus timbul karena trauma yang hebat. Melainkan dengan hanya terjatuh biasa ringan, mengangkat, mendorong sesuatu, atau akibat trauma ringan lainnya.

Oleh karena itu, waspadai gejalanya mulai dari sekarang. Mulailah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, olahraga, dan hidup sehat.

Baca juga:

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Temukan Pasangan hidup Lewat hobi. Mungkinkah?

Tips Cerdas Temukan Pasangan Lewat Media Sosial

Ketika Pengorbanan Berubah Menjadi Dimanfaatkan

       

Sumber : berbagai sumber/Eva

Ikuti Kami