Osteoporosis Rentan Diderita Kaum Hawa

Osteoporosis Rentan Diderita Kaum Hawa

Lori Official Writer
3158

Di Inggris, serangan osteoporosis atau keropos tulang dapat terjadi setiap dua menit sekali. Ditemukan bahwa satu dari dua kaum hawa dan satu dari lima kaum adam lebih rentan terserang penyakit ini.

Sementara hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitian Jakarta Osteoporosis Center, satu dari empat perempuan Indonesia berusia di atas 50 tahun mengalami keropos tulang ini. Kenyataannya, perempuan memang sangat rentan mengalami keropos tulang saat beranjak usia 50 tahun serta di masa-masa menopause. Di usia ini perempuan mengalami penurunan hormon estrogen. Tanpa disadari, kepadatan tulang akan terus menurun hingga menyebabkan nyeri disekitar tulang.

Seperti yang diungkapkan oleh John Kanis, Presiden International Osteoporosis Foundation (IOF), bahwa osteoporosis merupakan ancaman serius bagi kesehatan perempuan - satu dari tiga perempuan di dunia yang berusia 50 tahun ke atas menderita patah tulang akibat penyakit ini.

Banyak dari penderita awalnya tidak menyadari bahwa diirnya telah terserang osteoporosis sehingga terlambat melakukan pencegahan dini. Padahal dampaknya tidak hanya pada pengeroposan dan timbulnya nyeri disekitar tulang, namun juga dapat menyebabkan kelumpuhan yang fatal hingga kematian.

“Mereka yang terserang osteoporosis dan patah tulang seringkali tidak menyadari kondisinya atau tidak mengetahui gejala-gejala awalnya,” kata Claire Severgnini, Kepala Eksekutif National Osteoporosis Society.

Normalnya, tubuh membutuhkan kalsium sebanyak 1000 mg bagi yang berusia 19-50 tahun dan 1200 mg bagi yang berusia 50 tahun ke atas. Untuk itu sangat dianjurkan bagi setiap pria dan wanita mengkonsumsi susu tinggi kalsium sejak berusia muda sebanyak dua kali sehari.

Selain itu pencegahan dini juga harus dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti:

-   pola makan sehat yang memenuhi komposisi protein, kalsium dan vitamin D

-   aktifitas yang teratur seperti menyeimbangkan aktifitas dengan olahraga, serta

-   memanfaatkan paparan sinar matahari atau ultraviolet yang baik bagi tulang

Bila beberapa hal di atas sudah terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar osteoporosis dapat dicegah sejak dini. Sehingga saat memasuki usia senja, Anda tidak akan menghadapi persoalan kronis demikian. Dengan itu, mari lebih peduli dengan tubuh sejak saat ini agar kehidupan Anda dapat lebih produktif.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Terapi Kanker Payudara Dengan Pilates

Jenis Makanan untuk Tingkatkan Kadar Kolesterol HDL

Terbukti! Latihan Pilates Bugarkan Tubuh

Lagu 'No Woman, No Drive', Sindir Larangan Mengemudi di Saudi

Tips Turunkan Berat Badan Secara Cepat Dengan Pilates

The Hobbit: The Desolation of Smaug, Segera Menghias Layar Kaca

Sudah Jadi Berkat Sejak Usia 14 Tahun

Sumber : WebMD.com | Health.com | Jawaban.com | Lori

Ikuti Kami