Terbukti! Latihan Pilates Bugarkan Tubuh
Sumber: Sportcentrum-imperial.cz

Serba-Serbi Sehat / 23 October 2013

Kalangan Sendiri

Terbukti! Latihan Pilates Bugarkan Tubuh

Lori Official Writer
5226

Pilates merupakan jenis olahraga otot yang dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan kesadaran tubuh. Dalam perkembangannya, pilates menjadi salah satu latihan favorit para selebriti, model dan atlet untuk menghasilkan tubuh ramping, perut rata serta otot yang bugar.

Olahraga ini dilakukan dengan metode gerakan-gerakan peregangan yang dipusatkan pada otot perut, punggung bagian bawah, panggul dan bokong. Latihan ini dibarengi dengan konsentrasi dan koordinasi antara pernapasan dan gerakan tubuh.

Awalnya metode ini dikembangkan oleh Joseph Pilates di awal abad ke-20 yang diterapkan kepada tentara Inggris yang terluka saat Perang Dunia I. Pilates digunakan untuk memulihkan kembali otot-otot tubuh para tentara yang mengalami cedera dengan metode sederhana yaitu gerakan duduk di lantai, berbaring atau berlutut.

Namun seiring kemajuan zaman, pilates digunakan untuk seluruh kalangan sebagai olahraga kebugaran tubuh. Misalnya untuk memulihkan duduk kronis yang dialami oleh hampir pekerja kantoran, menguruskan badan, memperkuat otot dan merampingkan perut atau pinggul.

Berikut uraian utama manfaat utama latihan pilates bagi kesegaran dan kebugaran tubuh Anda:

# Meningkatkan kesadaran tubuh

Aliesa George, seorang guru Pilates di Wichita, Kansas berkata, “manfaat terbesarnya (Pilates) dimata saya adalah kesadaran pribadi – kesadaran bagaimana Anda duduk, bagaimana Anda berdiri atau bagaimana Anda bergerak dan menjadikan kebiasaan tersebut bersinergi dengan rasa sakit dan nyeri dan cedera yang Anda sedang dan pernah alami”. Dalam hal ini pilates bermanfaat untuk menyembuhkan ketegangan leher akibat duduk terlalu lama di depan komputer, duduk membungkuk serta kurang olahraga.

# Memperbaiki postur tubuh

Pilates dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang baik seperti kondisi pembungkukan punggung, nyeri atau pegal-pegal. Melatih bagian tulang belakang akan mengembalikan kondisi tulang belakang menjadi tegak dan menyembuhkan nyeri.

# Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh

Dengan memfokuskan latihan otot pada perut, Anda akan memperoleh keseimbangan tubuh secara menyeluruh lantaran otot-otot tubuh dan persendian mengalami peregangan yang berfungsi meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Bila Anda adalah tipe pekerja yang tidak memiliki banyak waktu untuk olahraga, maka pilates dapat menjadi alternatif terbaik yang dapat dilakukan secara rutin setiap paginya. Namun, pilates yang dilakukan secara rutin dan teratur akan memberi hasil yang maksimal.


Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Cara Sehat Mengendalikan Kolesterol

Cara Alami Cegah Osteoporosis Dengan Kalsium dan Vitamin D

Olahraga Berat Perburuk Kondisi Penderita Kolesterol Tinggi

Royal Wedding Keraton Jadi Sorotan Besar Media

Para Difable Yang Menginspirasi

Sumber : WebMD | Medicinenet | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami