Ketua PGI: Gereja Harus Berpolitik!
Sumber: jawaban.com

Internasional / 24 October 2013

Kalangan Sendiri

Ketua PGI: Gereja Harus Berpolitik!

daniel.tanamal Official Writer
4304

Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pendeta Andreas Yewangoe mengajak gereja-gereja di Indonesia untuk tidak takut terhadap politik. Bahkan Yewangoe menyebutkan bahwa gereja harus berpolitik. Hal itu dinyatakannya dalam seminar dan diskusi politik Forum Umat Kristen Indonesia (FUKRI) yang mengangkat tema “Strategi Gereja Menghadapi Pemilu 2014” di Gedung Baptis, Menteng, Selasa (22/10),

“Gereja harus berpolitik. Yaitu politik hati nurani. Seperti memberikan peringatan kepada pemerintah jika ada kebijakan yang disalahgunakan. Gereja punya tugas politik moral. Tapi bukan ikut politik praktis. Seperti saya sebagai pendeta tidak boleh untuk menyebutkan satu nama sebagai presiden, namun hanya untuk menunjukan bagaimana karakter dan sifat presiden yang harusnya dipilih,” katanya.

Dirinya menambahkan juga bahwa setiap calon legislatif yang akan bertarung dalam pemilu 2014 nanti untuk menanamkan kewajiban setia kepada konstitusi, transparan dan memihak kepada rakyat. Selain itu dirinya juga menyinggung mengenai pemimpin yang harus berani dalam menegakkan konstitusi.

“Dalam kasus lurah Lenteng Agung, disini ada pemimpin yang bilang bahwa kita mengangkat pemimpin bukan berdasarkan agama namun berdasarkan rekam jejak dan kinerja. Andaikata pemimpin negeri ini melakukannya juga pasti tidak akan terjadi situasi seperti yang saat ini terjadi,” jelasnya.

Gereja perlu untuk memberikan wacana politik kepada jemaatnya, bahkan mengirim mereka untuk menjadi wakil rakyat yang menyuarakan kebenaran. Karena saat ini masih banyak gereja yang salah kaprah dalam melihat politik. Politik diterjemahkan bebas sebagai tindakan yang negatif, padahal politik seharusnya dimaknai sebagai jalan mengambil kebijakan yang benar!

 

Baca Juga Artikel Lain:

My Life, My Journey, My Destiny: Inspirasi Perjalanan Hidup Pdt. Timotius Arifin

Gereja Lakukan Pembiaran Terhadap Intoleransi

Sembilan Bom Bunuh Diri Dalam Sehari Tewaskan Puluhan Warga

Protes Korupsi, Gereja Bunyikan Lonceng

 

Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami