Tips Memiliki Kedewasaan dalam Relationship

Single / 16 October 2013

Kalangan Sendiri

Tips Memiliki Kedewasaan dalam Relationship

eva Official Writer
15579

Kedewasaan tentu tidak melulu diperlukan dalam sebuah praktik kehidupan sosial namun juga dalam hubungan pacaran. Pada umumnya, salah satu penyebab kandasnya suatu hubungan adalah belum adanya kedewasaan antar dua pihak. Banyak orang yang secara umur terbilang dewasa tapi secara sikap belum dewasa. Oleh karena itu, tepat jika dikatakan bahwa sebuah kedewasaan tidak mengenal usia, derajat atau martabat. Semua itu kembali kepada karakter masing-masing pribadi.

Bersikap dewasa berarti bicara tentang bersikap objektif dalam memandang dan menilai sesuatu, bisa mengambil keputusan secara tepat tanpa harus merugikan orang lain, bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik, mampu menguasai dirinya dalam situasi apapun dan bertindak bijaksana.  

Memang secara literal hal ini mudah tapi tidak secara praktik. Oleh karenanya diperlukan proses dan waktu untuk menjadi seorang dewasa. Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk menjadi dewasa khususnya ketika dalam menghadapi masalah? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Perlunya komitmen dari diri sendiri

Perubahan tentu dimulai dari komitmen diri sendiri. Kita bisa memulai dengan memahami sifat yang ada pada diri kita sendiri. Dengan begitu, kita bisa tahu kekurangan kita dan dapat memperbaikinya. Sebagai contoh, pengendalian emosi saat menghadapi masalah. Sikap tenang dan tidak emosional dibutuhkan baik ketika berkomentar, mengambil sikap, ataupun ketika menentukan sebuah keputusan.

2. Adanya tindakan secara nyata

Komitmen tanpa tindakan adalah sia-sia. Oleh karenanya, kita perlu mendemonstrasikannya lewat tindakan kita kepada lingkungan sosial kita atau pasangan. Sebab hal yang paling penting adalah karakter dan integritas yang nyata.

3. Melibatkan Tuhan  

Di atas semuanya itu, tetap libatkan Tuhan selama dalam proses kita menuju kedewasaan. Percaya bahwa tidak ada yang mustahil, bahkan ketika menghadapi persoalan sulit sekalipun.

Baca juga:

Temukan Pasangan hidup Lewat hobi. Mungkinkah?

Tips Cerdas Temukan Pasangan Lewat Media Sosial

Ketika Pengorbanan Berubah Menjadi Dimanfaatkan

Ini Dia Cara Mengatasi Trauma Putus Cinta

Pacaran Putus Nyambung? No Way!

Perang Suriah, Apakah Hasil dari Nubuat Alkitab?

Sejarahwan Amerika: Takut Akan Tuhan Kunci Kesuksesan

Ketiga Wanita Pengusir Setan ini Klaim Harry Potter sebagai Roh Jahat

Ibu Ditangkap di Cina Karena Menyusui Bayinya Sambil Bersepeda

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami