Pengadilan Malaysia Larang Pakai Kata 'Allah' Oleh Non-Muslim
Sumber: Detik.com

Nasional / 15 October 2013

Kalangan Sendiri

Pengadilan Malaysia Larang Pakai Kata 'Allah' Oleh Non-Muslim

Lori Official Writer
3980

Perselisihan penggunaan kata ‘Allah’, sebutan terhadap Tuhan dalam bahasa Arab yang telah muncul sejak 2008-2009 di Malaysia, kini kembali mencuat. Pengadilan Banding Malaysia memutuskan larangan penggunaan kata ‘Allah’ oleh kaum Non-Muslim di Negeri jiran tersebut pada Senin (14/10).

Keputusan tersebut dikeluarkan langsung oleh Majelis Hakim yang diketuai Hakim Mohammad Apandi Ali memutuskan kata ‘Allah’ bukanlah bagian integral dari iman dan praktik agama Kristen. “Kami memutuskan bahwa tak ada pelanggaran hak-hak konstitusional dalam masalah ini,” kata Apandi, seperti dilansir Detik.com, Senin (14/10).

Sementara sejumlah kalangan Kristen menyayangkan pengambilan keputusan ini sebab dinilai melanggar hak konstitusional kaum minoritas untuk menjalankan agama secara bebas. Seperti tindakan editor surat kabar Katolik, The Herald, Lawrence Andrew menyatakan bahwa pihaknya akan mengajukan kembali perkara tersebut ke Pengadilan Federal Malaysia.

“Kami sangat kecewa dan cemas atas keputusan ini. Keputusan ini tidak realistis. Keputusan ini merupakan langkah mundur hukum dalam hubungannya dengan kebebasan beragama kelompok miniritas,” tandas Andrew.

Diketahui bahwa Malaysia adalah negara mayoritas Muslim, sehingga dalam prakteknya penggunaan kata ‘Allah’ dipandang membingungkan para masyarakat Muslim sendiri. Namun dikhawatirkan pelarangan penggunaan kata ‘Allah’ bagi Non-Muslim dapat saja berdampak pada penghapusan kata ‘Allah’ dalam Alkitab.

Mencermati persoalan ini, sesungguhnya baik Allah atau Tuhan memiliki makna yang sama, namun acap kali pemahaman, penafsiran yang kurang dapat mengaburkan makna yang sesungguhnya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pertahanan Kuat Timnas U-19 Lewat Pola 4-3-3

Curhatan Jokowi Soal Anak-Anaknya

180 Fest, Bangkitkan Kreatifitas Anak Muda Lewat Musik dan Seni

Panik Karena Rumor, 60 Orang Tewas Terinjak-injak

Malala Yousafzai Tolak Kawin Paksa pada Anak

Kunci Sukses Warren Buffett: Uang Bukan Segala-galanya

Puisi Maha Karya

Sumber : Kompas | Detik | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami