Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
7303


Bekerja menjadi pemandu wisata atau tour guide pastinya bukanlah sebuah cita-cita. Namun tanpa Anda ketahui, ternyata menjadi pemandu wisata itu sangat menyenangkan dan dapat menjadi prospek menjanjikan ke depan.

Selain jalan-jalan, pemandu wisata juga digaji dengan honor yang cukup besar. Bila Anda memiliki hobi jalan-jalan baik dalam maupun luar Negeri, maka tak tertutup kemungkinan bagi Anda menjadi pemandu wisata baik lepas maupun paruh waktu.

Seperti dikutip dari Okezone.com, seorang fungsionaris Himpunan Pemandu Wisata Indonesia (HPI) Sumut Aisyah mengatakan bahwa pemandu wisata bisa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp3 Juta per bulan sebagai honor, ditambah bila sewaktu-waktu banyak wisatawan yang berkunjung dan memerlukan pemandu.

Namun untuk menjadi pemandu wisata, Anda harus memiliki kemampuan khusus seperti komunikasi dan penguasaan sejumlah bahasa asing, menguasai segala sisi dari objek wisata, berwawasan luas serta profesional. Selain itu, seorang pemandu wisata juga harus cermat dalam memilih jenis wisata yang akan digelutinya, seperti:

1. Pemimpin Wisata (Tour Leader)

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Tour Leader adalah seorang pemandu wisata yang bertanggung jawab memimpin rombongan turis selama perjalanan (rute perjalanannya), mulai berangkat sampai kembali lagi ke negara asal. Tour Leader dapat merangkap sebagai tour guide. Kalau profesi ini ditekuni dengan serius, setiap bulannya tour leader bisa menghasilkan Rp30-50 Juta per bulan.

2. Pemandu Wisata Alam (Natural Tour Guide)

Pemandu wisata ini akan lebih menantang sebab memimpin sejumlah wisatawan ke objek wisata yang masih bersifat alami seperti gunung, cagar alam, pulau atau lautan yang penuh dengan panorama indah dan asri.

3. Pemandu Wisata Sejarah (Historical Tour Guide)

Banyak wisatawan yang menyukai objek wisata bersejarah. Sehingga untuk berwisata dan menggali nilai sejarahnya diperlukan seorang pemandu wisata yang harus memiliki pengetahuan yang luas seputar seluk beluk sejarah dan geografis objek wisata tersebut. Seperti contoh wisata Candi Borobudur, Prambanan dan wisata gua.

4.Pemandu Wisata Budaya (Cultural Tour Guide)

Sebagai pemandu wisata, Anda disarankan untuk meningkatkan pengetahuan tentang budaya dan tradisi masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata tersebut. Disamping dapat memberi pelayanan yang baik terhadap wisatawan, Anda juga dapat membangkitkan daya tarik wisatawan untuk mengenal budaya masyarakat tersebut lebih luas.

5. Pemandu Wisata Pendidikan (Educational Tour Guide)

Seorang pemandu wisata harus mampu mengarahkan para wisatawan untuk memperkenalkan objek wisata yang mengandung ilmu pengetahuan bagi para pengunjung, misalnya wisata museum gunung merapi, perpustakaan, seni dan sebagainya.

Bidang wisata apapun yang digeluti oleh seorang pemandu wisata, kunci utama yang harus dimiliki adalah sikap profesional, pengetahuan yang luas seputar objek wisata tertentu serta jaminan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Bila Anda memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan, pastinya Anda pun akan direkomendasikan untuk memandu wisata lainnya terlepas Anda menekuninya hanya sekedar sebagai profesi lepas atau paruh waktu.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ahok: Harusnya Gereja Ayam Jadi Tujuan Wisata

Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Hakim Tunda Hukuman Mati Atas TKI Wilfrida Soik

Pendeta di India ini Dipukul dan Disiksa Pada Saat Ibadah

Jadi Berkat Lewat Hobi Jalan Kaki

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7274

advertise with us