Hakim Tunda Hukuman Mati Atas TKI Wilfrida Soik
Sumber: Liputan6.com

Nasional / 1 October 2013

Kalangan Sendiri

Hakim Tunda Hukuman Mati Atas TKI Wilfrida Soik

Lori Official Writer
4143

Dalam persidangan terakhir yang digelar di Mahkamah Tinggi Kota Bharu Kelantan Malaysia, Hakim tunggal Datuk Akhmad Zaidi Ibrahim mengabulkan permohonan penangguhan hukuman mati terhadap Wilfrida Soik melalui Tim Pembelanya hingga 17 November 2013 mendatang.

Wilfrida bersama dengan tim pembelanya pengacara Tan Sri Mohamad Safee Abdullah, diberi waktu untuk mengumpulkan bukti baru terkait umur Wilfrida yang diduga masih berusia 18 tahun saat kejadian pembunuhan yang terjadi pada 2010 silam. Safee optimis bila fakta umur Wilfrida dapat membebaskannya dari hukuman.

“Karena saya mendapatkan kabar bahwa ketika dia dimasukkan ke Malaysia beliau adalah korban human trafficking, dan beliau anak dibawah umur. Kalau beliau dibawah umur di Malaysia itu ada hukuman lai didalam UU,” jelas Safee, seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (1/10).

Sementara, dukungan dari berbagai pihak di dalam Negeri trus bergulir untuk memperjuangkan pembebasan Wilfrida. Salah satunya adalah Anggota DPR RI, Rieke Dyah Pitaloka yang hadir mendampingi Wilprida dipersidangan kemarin. “Kita sudah ada juris-pudensi di Singapura juga. Kami sebagai DPR mendesak agar pemerintah turun langsung (mengawasi) apalagi Wilfrida itu dikirim saat moratorium,” terang Rieke.

Wilfrida Soik, TKI asal Nusa Tenggara Timur ini terancam hukuman mati atas dakwaan pembunuhan dan melanggar Pasal 302 Penal Code (Kanun Keseksaan) Malaysia. Ia membunuh majikan perempuannya, Yeap Seok Pen pada 7 Desember 2010 silam, yang dilakukan sebagai tindakan pembelaan diri.

Tak hanya Wilfrida, namun juga ratusan TKI disejumlah negara pun terancam hukuman yang sama. Dengan itu, pemerintah diharapkan turut memberikan perhatian terhadap hal tersebut.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Kualifikasi AFC U-19 Dipindah ke Gelora Bung Karno

Ini Alasan Boko Haram Serang Warga Sipil di Nigeria

Berita Foto: Ibadah Di Seberang Istana Merdeka Jakarta Minggu (29/9)

Para Pria di Iran Kini Dapat Menikahi Puteri Angkat Mereka

Pengakuan Wanita Suriah yang Jalani Jihad Seksual

Jadi Berkat Lewat Hobi Jalan Kaki

Sumber : Liputan6.com | Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami