Ahok: Harusnya Gereja Ayam Jadi Tujuan Wisata
Sumber: Pesatnews.com

Internasional / 30 September 2013

Kalangan Sendiri

Ahok: Harusnya Gereja Ayam Jadi Tujuan Wisata

Lori Official Writer
7248

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang disapa Ahok mengatakan GPIB Pniel yang dikenal dengan Gereja Ayam dapat dijadikan sebagai salah satu daya tarik wisata ibu kota. Gereja ini merupakan salah satu gedung tua yang terletak di Jalan Haji Samanhudi, Jakarta Pusat.

Menurut Ahok, gereja ini memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga dapat menjadi salah satu tujuan wisata. “Gereja ayam harusnya bisa jadi tempat tujuan wisata. Tapi kan mesti minta izin mereka (Gereja Ayam). Kalau bisa masukin surat, bagus banget. Tapi ada beberapa peninggalan-peninggalannya mesti dikeluarin lagi,” ujar Ahok, seperti dilansir Liputan6.com, Minggu (29/9).

Ahok menambahkan bahwa sejumlah bangunan tua disekitar gereja juga dapat dijadikan sebagai tujuan wisata seperti Kota Tua dan juga Pasar Baru. Ia menyebutkan akan segera merealisasikan hal tersebut.

Untuk diketahui, Gereja GPIB Pniel Pasar Baru atau Gereja Ayam adalah gereja peninggalan zaman kolonial yang usianya sudah mencapai satu abad tepat dalam perayaannya pada Minggu (29/9) kemarin. Gereja ini dibangun sejak 1856 dan dijuluki Gereja Ayam sebab di bagian atap gereja terdapat sebuah petunjuk angin yang berbentuk ayam.

Di sisi lain, gereja ini memiliki sebuah kitab besar berbahasa Belanda yang telah rapuh termakan usia, yang biasanya diletakkan di atas mimbar gereja. Keunikan lain didalam gereja ini adalah jam antik tua di zaman Belanda.  

Gereja Ayam menjadi salah satu bukti sejarah hadirnya kekristenan ditengah-tengah bangsa Indonesia sejak seabad yang lalu, dan masih tetap dilestarikan keberadaannya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sedang Menyembah Tuhan, Pendeta Ini Ditembak Mati

Berita Foto: Penggembokan Gereja Santa Bernadette di Tangerang

Anak D.I. Panjaitan Mengenang Peristiwa Tragis G30S

Pengkhotbah Jalanan Skotlandia Ditahan Dua Kali Dalam Sepekan

Masih Percaya Belanja Secara Online?

Sumber : Liputan6.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami