Tetap Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian
Sumber: cookveg.co.uk

Gizi & Nutrisi / 30 September 2013

Kalangan Sendiri

Tetap Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian

Puji Astuti Official Writer
8055

Kebanyakan anak kecil jika diberi makan sayuran kebanyakan menolak, namun kebanyakan orang dewasa yang sudah menyadari pentingnya sayur dan buah-buahan memilih untuk menjadi vegetarian. Apakah itu artinya hanya makan sayur-sayuran dan buah?

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis vegetarian, yaitu :

  • Vegan, atau total vegetarian yang hanya makan makanan nabati. Para vegan tidak makan daging merah, unggas, ikan, produk susu, telur atau makanan yang berasal dari hewan seperti madu atau produk yang mengandung gelatin dari hewan.
  • Lacto-vegetarian, jenis diet vegetarian ini masih mengkonsumsi susu, keju dan yogurt.
  • Lacto-ovo Vegetarian, mereka mengkonsumsi produk mengandung susu dan telur dalam dietnya.
  • Semi-vegetarian, mereka bahkan makan hewan unggas dan ikan, hanya tidak makan daging merah.

Salah satu yang ditakutkan saat menjadi vegetarian adalah kekurangan nutrisi dan tidak mendapatkan cukup protein. Nutrisi yang dibangun dari asam amino selain di dapat dari protein hewani sebenarnya bisa didapat dari protein nabati seperti kacang-kacangan seperti kedelai, kacang polong dan letil. Untuk itu, menjaga agar makanan tetap seimbang sangat penting.

Protein bukanlah satu-satunya nutrisi yang perlu diperhatikan oleh penganut vegetarian. Berikut adalah beberapa hal yang harus ada dalam makanan Anda :

Vitamin B12, vitamin ini biasanya ada dalam makanan yang berasal dari hewan, namun para vegetarian juga bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari susu kedelai atau minum suplemen vitamin B12.

Zat besi. Sumber zat besi paling baik bisa di dapat dari kacang-kacangan yang dimasak kering atau sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kankung. Namun zat besi dari sayuran tidak mudah diserap oleh tubuh dibandingkan yang berasal dari hewan, untuk itu para vegetarian perlu lebih serang memakan makanan mengandung zat besi juga didampingi dengan vitamin C karena membantu mempercepat proses penyerapannya.

Kalsium. Karena tidak mengkonsumsi susu dan produk turunannya, maka biasanya para vegetarian mengalami penurunan asupan kalsium. Namun produk susu bisa digantikan dengan susu kedelai atau biji-bijian, kacang-kacangan dan juga beberapa jenis sayuran hijau.

Zinc yang berasal dari sayuran sama seperti zat besi, sangat sulit diserap tubuh. Salah satu sumber asuman Zinc yang baik adalah gandum utuh. Selain itu juga ada kacang-kacangan, kedelai dan sayuran lain.

Vitamin D bisa ditemukan dalam susuk atau produk turunan susu. Namun untuk vegetarian bisa di dapat dari susu kedelai, juga beberapa jenis sereal. Selain itu secara teratur terpapar matahari pagi juga bisa menambah jumlah vitamin D dalam tubuh.

Kebanyakan orang mengubah pola makannya menjadi seorang vegetarian dengan alasan kesehatan, beberapa karena alasan moral, lingkungan atau etik dan spiritual. Namun apapun alasan Anda merubah pola hidup Anda, pastikan agar mendapatkan asupan yang tetap seimbang sehingga tubuh Anda tetap sehat.

Baca juga artikel lainnya :

Bayam, Makanan Sehat Ala Popeye

Jus Sayuran Banyak Manfaatnya

Resolusi Tahun 2013, Ne-Yo Jadi Vegetarian

Buah dan Sayuran Merah Gairahkan Aktifitas Seks

Pelatih Liverpool Minta Raheem Sterling Fokus Pada Karirnya

Masih Percaya Belanja Secara Online?

Sumber : WebMD | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami