Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
6193


Apa rahasianya untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan tidak rontok? Apakah ramuan terbaru dari Eropa? Atau konditioner dari Hollywood? Mungkin penemuan terbaru dari Korea Selatan? Jawabannya mungkin akan membuat Anda terkejut, karena diet yang seimbang adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Para ahli telah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa diet yang seimbang dari protein, zat besi dan nutrisi lainnya akan membantu kesehatan tubuh, termasuk rambut Anda.

"Untuk seorang dokter, rambut sehat adalah rambut yang tumbuh dengan baik diatas tiap follicle, tidak mudah patah dan terhubung dengan kulit kepala yang sheat.. rambut ini bisa dipanjangkan sesuai keinginan Anda. Rambutnya akan melenting, mengkilap dan mudah diatur," jelas Amy McMichael, MD, seorang dokter dematologist yang dikutip Web MD.

Protein itu sangat penting

Rambut kita membutuhkan diet yang baik, sama seperti seluruh bagian tubuh, dengan vitamin, mineral dan nutrisi yang direkomendasikan. Sehelai rambut, sebagian besar terdiri dari protein.
"Rambut dan kuku, keduanya terdiri dari serat protein," jelas Paradi Mimirani, MD, dermatologist dari Pemanente Medical Group di Vallejo, California.

Pada waktu tertentu, sekitar 90 persen tubuh kita dalam masa pertumbuhan. Untuk tiap helai rambut, masa pertumbuhan ini sekitar 2 hingga 3 tahun. Pada akhir waktunya, rambut akan memasuki masa istirahat sekitar 3 bulan sebelum mereka mulai bertunas dan berganti dengan rambut baru. Jika Anda kurang mengkonsumsi protein, jumlah rambut yang masuk masa istirahat tidak akan proposional.

Setiap kepala, rata-rata memiliki 120.000 - 150.000 helai rambut, dan bertunas sekitar 50-100 helai setiap harinya. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadarinya karena jumlahnya terbilang kecil. Tetapi jika jumlah rambut yang memasuki masa istirahat dalam jumlah banyak dan bersamaan, maka akan terjadi kerontokan rambut yang besar. Salah satunya disebabkan karena kekurangan protein.

Zat besi dan nutrisi lainnya

Protein bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Kita juga butuh zat besi, vitamin E, dan mineral seperti selenium, tembaga dan magnesium. Daging dan ikan selain sebagai sumber protein yang baik, juga merupakan sumber zat besi dan mineral-mineral lainnya. Sedangkan untuk Anda yang vegetarian, beberapa tanaman juga bisa memberikan sumber zat besi, namun kandungan zat besi dari tanaman cenderung kecil. Alternatifnya bisa mengkonsumsi suplemen, namun harus dengan petunjuk dokter.

Vitamin D, B, C, dan E

"Setiap kekurangan vitamin bisa menyebabkan rambut rontok, " demikian jelas Carolyn Jacob, MD, pendiri dan direktur medis dari Chicago Cosmetic Surgery and Dermatologist.

Namun bukan berarti Anda harus minum suplemen khusus, namun Anda bisa mendapatkannya melalui diet yang seimbang. Karena vitamin yang alami dari makanan adalah yang terbaik bagi tubuh. Untuk vitamin D,B,C dan E, bisa didapatkan dari umbi-umbian dan biji-bijian.

Kesehatan rambut dan diet menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dnegan diet ketat akan mempengaruhi kesehatan rambut, bahkan menyebabkan kerontokan. Karena saat diet ketat, selain kalori berkurang, nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga tidak sepenuhnya didapat. Selain menyebabkan tubuh stres, akan dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut. Biasanya akan mulai terjadi kerontokan rambut saat berat badan turuh 15 pound atau lebih. Untuk itu disarankan melakukan diet dengan sehat dan seimbang, sehingga keseluruhan tubuh tetap sehat dan badanpun bisa langsing.

Baca juga artikel lainnya :

Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Pendeta ini Larang Jemaatnya untuk Menggelombangkan Rambut

Pencurian Rambut Mewabah di Venezuela

Cukup dengan 4 Helai Rambut, Anda Tahu Kesehatan Rambut Anda

Perdagangan Adalah Permainan Keahlian

Dapatkan FREE TICKET Launching Superbook!

Sumber : WebMD | Puji Astuti


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

0 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

0 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7261

Banner Mitra Februari 2020 (3)