Inilah Budaya Mudik di Beberapa Negara

Nasional / 5 August 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Budaya Mudik di Beberapa Negara

eva Official Writer
8013

Tradisi mudik atau pulang kampung yang sudah membudaya menjelang hari raya besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal ternyata tidak hanya dilakukan di Indonesia. Tercatat ada beberapa negara lainnya memiliki tradisi serupa. Berikut ini, jawaban.com merangkum 5 negara yang memiliki tradisi mudik atau pulang kampung:

1. Turki

Festival Gula atau Seker Bayram adalah istilah Idul Fitri bagi orang Turki. Ritual mudik yang dilakukan negara ini sama dengan apa yang dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia, seperti tradisi pulang ke daerah asal, melakukan sungkeman kepada orang tua, bermaaf-maafan, mengunjungi makam keluarga atau kerabat. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dengan Indonesia dimana kegiatan mengunjungi makam keluarga di Turki dilakukan secara besar-besaran dan ditandai dengan maraknya kemunculan pasar bunga di beberapa daerah di negara tersebut.

2. Malaysia

Orang Malaysia menamai Idul Fitri dengan Hari Raya Puasa atau Hari Raya Aidil Fitri. Di Malaysia, tradisi mudik dikenal dengan nama balik kampong. Masyarakat Malaysia balik kampong tak hanya pada saat Lebaran, tetapi juga saat tahun baru Imlek. Ritual mudik yang ada di Malaysia sama dengan di Indonesia.

3. India

Selain Malaysia, India juga mengenal tradisi mudik. Tiap tahun, masyarakat India pulang ke kampung halaman untuk merayakan Festival of Lights atau Diwali , yaitu salah satu upacara dalam agama Hindu di India yang dilakukan selama 5 hari berturut-turut.

Selain itu, saat Lebaran, masyarakat India yang beragama Islam pun berbondong-bondong pulang kampung. Di kampung halamannya, mereka saling mengirim makanan, bersilaturahmi, bersalam-salaman, dan membagikan sedekah. Makanan khas yang disajikan di India saat Lebaran adalah seviyan (masakan sejenis mie yang rasanya manis) dan phimi (sejenis puding).

4. Cina

Penduduk kota-kota besar di Cina juga biasanya mudik pada tahun baru Imlek (Spring Festival ). Enam hari sebelum tahun baru Imlek, berbagai sarana transportasi akan dipenuhi orang-orang yang hendak pulang ke kampung halaman untuk merayakan Imlek bersama orangtua dan sanak saudara. Berbagai makanan lezat serta hiasan memikat, disajikan dan diperlihatkan pada saat Imlek atau Spring Festival tersebut.

5. Korea Selatan

Aktivitas mudik yang tidak kalah ramai juga terjadi di Korea Selatan saat perayaan Chuseok atau Hari Panen. Jutaan warga Korea berbondong-bondong pulang ke kampung halaman mereka untuk memberi penghormatan kepada leluhur dan merayakan libur bersama keluarga. Menjelang perayaan Chuseok, kemacetan parah terjadi di sepanjang jalan kota.

Baca juga:

Rick Warren Kembali Ke Mimbar Setelah Kematian Puteranya

Penulis Muslim ini Tulis Buku tentang Yesus

Kelompok Al Qaeda Culik Pendeta Italia di Suriah

Tips Membangun Hubungan Antara Orangtua dan Anak Tiri

Terkuak: Perjamuan Kudus Pernah Dilakukan di Bulan

Malaysia Kembali Galakkan Islamisasi

 

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami