Siapa di Baliknya ?
Kalangan Sendiri

Siapa di Baliknya ?

Budhi Marpaung Official Writer
      6368
Show English Version

Yakobus 1:17
Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang.


Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu35[/kitab]; [kitab]iites2[/kitab]; [kitab]yesay23-24[/kitab]

Pada sebuah pertunjukkan budaya di Bandung, Jawa Barat, kami menikmati suatu pertunjukkan orkestra yang sangat mengagumkan. Sebelum pertunjukkan tersebut berakhir, masing-masing dari 200 penonton yang hadir diberi sebuah hadiah angklung. Kami diajari untuk bersama-sama menggoyangkan itu sesuai aba-aba yang diberikan sang konduktor. Segera kami merasa seakan-akan tampil di sebuah orkestra dan kami merasa sangat bangga akan penampilan kami! Lalu saya menyadari, bukan kami yang tampil bagus; tapi sang konduktorlah yang layak diberi penghargaan. 

Demikian juga, ketika segala hal berjalan baik dalam hidup kita, mudah sekali untuk merasa bangga. kita tergoda untuk berpikir bahwa kita memang hebat dan dengan kemampuan kitalah, kita berhasil meraih kesuksesan. Pada masa-masa seperti itu, kita cenderung lupa bahwa di balik semuanya itu, ada Allah kita yang baik. Dialah yang menggerakkan, mencegah, memelihara, dan melindungi kita.

Daud merupakan salah satu tokoh di Alkitab yang mengingat kebenaran ini: "Lalu masuklah raja Daud ke dalam, kemudian duduklah ia di hadapan TUHAN sambil berkata: "Siapakah aku ini, ya TUHAN Allah, dan siapakah keluargaku, sehingga Engkau membawa aku sampai sedemikian ini?" ([kitab]itawa17:16[/kitab]). Meski bisa saja ia berlaku sombong, tetapi hati Daud begitu meluap dengan penghargaan akan kebaikan Allah. Ia tidak pernah menganggap bahwa apa yang ia nikmati adalah karena kehebatannya. Ia sadar bahwa Allahlah yang mengaruniakan semua yang ia telah kecap dan rasakan.

Renungan di hari minggu ini kembali mengingatkan kita agar tidak tergoda untuk menganggap berkat yang kita nikmati adalah usaha kita semata-mata. Kita harus meyakini bahwa Allah lah yang memberikan berkat dalam kehidupan kita : dulu, sekarang, dan bahkan hingga selama-lamanya - AL   


Tangan Bapa ada di balik segala hal-hal yang baik

Ikuti Kami