Paus Fransiskus Jadi Inspirasi Pelestarian Alam

News / 23 June 2013

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Jadi Inspirasi Pelestarian Alam

Lori Official Writer
3853

Paus Fransiskus menjadi inspirasi bagi agama-agama yang selama ini terlihat abai terhadap kelestarian lingkungan. Sejak terpilih pada Maret lalu, Paus Fransiskus menegaskan pentingnya melestarikan lingkungan.

Paus Fransiskus menyampaikan himbauannya pada homili pelantikannya agar semua berpartisipasi dalam melindungi bumi.

“Marilah kita menjadi “pelindung” ciptaan, pelindung rencana Allah yang tertulis di alam, pelindung satu sama lain dan lingkungan. Marilah kita tidak membiarkan kerusakan dan kematian mengiringi kemajuan dunia ini.” Katanya.

Penggunaan panel surya di gereja-gereja katedral maupun di berbagai rumah ibadat agama lain penting untuk diterapkan. Sebelumnya, Santo Fransiskus dari Asisi dapat mendorong semua agama agar memikirkan cara untuk melindungi planet bumi dari ancaman perubahan iklim. Lalu Paus Benediktus XVI, Vatikan juga mengambil langkah Go Green dengan memasang panel surya di atap Pendopo Kepausan tahun 2008.

Dalam buku tulisannya yang berjudul “On Heaven and Earth”, ia mengatakan bahwa kadang-kadang manusia kehilangan rasa hormat terhadap alam.Akibatnya timbullah masalah ekologi, seperti pemanasan global.

Melalui himbauan dan pernyataan Paus Fransiskus ini, gereja-gereja di Inggris mulai mengupayakan pengurangan emisi karbon di negara itu.

Melalui kepedulian Paus Fransiskus ini, mari kita seluruh umat Tuhan juga berperan serta  dalam pelestarian alam. Seperti amat Tuhan bagi kita orang percaya.

 

Baca Juga:

Gereja Ramah Lingkungan Mulai Berkembang

Kekerasan Di Mesir Paksa Umat Kristen Mencari Suaka

6 Umat Kristen Dihukum di Tengah Keributan Pemilihan Presiden di Iran

Paus Mengecam Perang Yang Memperparah Kelaparan

Lebih Baik Aku Mati Daripada Hidup Dengan Dua Kaki Lumpuh

Sumber : ucanews.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami