Gereja Ramah Lingkungan Mulai Berkembang
Sumber: gkobekasi1.blogspot.com

Internasional / 20 June 2013

Kalangan Sendiri

Gereja Ramah Lingkungan Mulai Berkembang

daniel.tanamal Official Writer
5631

Kesadaran setiap orang terhadap kondisi alamnya memang wajib dikampanyekan secara terus menerus. Sepert yang dilakukan oleh beberapa gereja di Queensland, Australia yang ikut mengambil langkah melawan perubahan iklim.

Salah satu gereja itu adalah di Gereja Caloundra Uniting, yang mencakup tiga denominasi Protestan dimana dirumah ibadah itu terpasang 24 panel surya di atas atapnya yang dipasang mengikuti bentuk salib. “Hal ini sangat efektif. Ini telah menginspirasi beberapa anggota jemaah kami untuk memasang panel serupa di rumah mereka," ujar Pendeta David Lowry.

Salah satu pemimpin gereja yang peduli terhadap kelestarian lingkungan adalah Paus Fransiskus I, dimana sejak dirinya terpilih menjadi Paus, telah mengajak umat untuk melindungi planet ini dari banyak ancaman, termasuk perubahan iklim. Bahkan sejak era Paus Benediktus XVI, Vatikan telah melakukan langkah-langkah hijau seperti memasang panel-panel surya di atas gedung Papal Audience Hall pada 2008.

“Perhatian kelompok agama terhadap isu lingkungan hidup perlahan-lahan meningkat, (Perhatian itu) sangat tidak merata. (Komunitas-komunitas) agama cenderung sangat konservatif terkait praktik dan doktrin mereka," ujar John Grim, koordinator forum agama dan ekologi di Yale University, AS.


 

Sumber : VOA
Halaman :
1

Ikuti Kami