Inilah 3 Masalah Seputar Seleksi Masuk PTN
Sumber: randomnessthing.com

Nasional / 19 June 2013

Kalangan Sendiri

Inilah 3 Masalah Seputar Seleksi Masuk PTN

andreas rumata simanjuntak Official Writer
4360

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) Selasa kemarin (18/6) berlangsung di beberapa kota di Indonesia. Diadakan setiap tahun, ternyata ujian ini tetap mempunyai masalah dalam pelaksanaannya. Berikut hal-hal tak diinginkan yang dimaksud :

1. Kecurangan sewaktu ujian

Pada beberapa seleksi masuk PTN masih banyak upaya untuk menggunakan joki sebagai ‘penolong’ dalam ujian ini. Selain itu, ada saja cara yang dilakukan peserta untuk mendapat bantuan dengan alat komunikasi. Misalnya Panitia Lokal Yogyakarta kemarin (18/6) menemukan gelang yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

2. Masalah pendaftaran

Untuk mendaftar ujian, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Peserta memiliki kemungkinan untuk gagal dalam salah satu tahap ini. Di Bandung contohnya, bulan Mei lalu peserta yang ingin mendaftar tidak dapat mendaftar secara online. Untuk bisa melanjutkan pendaftaran ini, calon peserta sempat merasa kesulitan untuk mendaftar kembali dan khawatir nama mereka tidak terdaftar saat ujian dimulai.

3. Masalah sekolah

Salah satu syarat seleksi masuk PTN adalah kebutuhan informasi dari pihak sekolah asal peserta. Jika syarat ini tidak terpenuhi, tentunya peserta lulusan sekolahlah yang menjadi korbannya. Sebagai contoh, ribuan siswa di Jawa Tengah dipastikan tak bisa mengikuti ujian masuk PTN lantaran hingga batas akhir yang ditentukan, sekolah asal siswa belum menginput data pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Padahal input data pada PDSS menjadi syarat utama bagi siswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2013.

Untuk menjadikan seleksi masuk PTN sebagai saringan terbaik kampus mendapatkan calon mahasiswanya, semua pihak wajib memberikan kontribusi positif. Bukan saja pihak panitia yang dituntut bekerja profesional, tetapi siswa dan pihak sekolah juga haruslah bertanggungjawab dalam menjalankan perannya.

 

Baca Juga :

585ribu Peserta SBMPTN Perebutkan 90ribu Kursi Besok

UGM Menjadi Kampus Pilihan SMBPTN 2013

Konsulat Jenderal Jeddah Rusuh, 1 Orang TKI Tewas

Seruan Balas Dendam Untuk Penganiayaan Kristen Nigeria

Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami