Konsulat Jenderal Jeddah Rusuh, 1 Orang TKI Tewas
Sumber: bisnis-kti.com

Nasional / 10 June 2013

Kalangan Sendiri

Konsulat Jenderal Jeddah Rusuh, 1 Orang TKI Tewas

Budhi Marpaung Official Writer
4215

Sekitar 12.000 pekerja Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, Minggu (9/6) waktu setempat, mengamuk dan memicu kerusuhan di Konsulat Jenderal. Peristiwa itu menewaskan seorang TKI bernama Marwah binti Hasan, 55 tahun.

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Tatang Budie Utama Razak mengatakan kerusuhan di Konjen Jeddah merupakan buntut dari insiden pada Sabtu (8/6). Ketika itu para pekerja perempuan Indonesia "menyerbu" Konsulat untuk mendapatkan dokumen perjalanan (Surat Perintah Laksana Paspor (SPLP), red).

"Dari 1.000 orang, 2.000 orang, 6.000 orang, dan hari Minggu lebih dari 12.000 orang. KJRI melakukan pelayanan hingga pukul 03.00 pagi. Kemampuan untuk pelayanan maksimal 6.000," kata Tatang, sebagaimana dilansir Kompas online, Senin (10/6) pagi.

Tatang mensinyalir kerusuhan di Konjen Jeddah dilakukan provokator. Pasalnya, tersiar kabar di kalangan TKI bahwa Minggu (9/6) adalah hari terakhir pengurusan SPLP. Padahal, sesuai jadwal, pengurusan baru akan berakhir 3 Juli mendatang.

Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, kondisi bisa dikendalikan dan massa pun mulai membubarkan diri.

Komunikasi merupakan hal penting di dalam segala aspek kehidupan manusia. Jika ini tidak berjalan dengan baik maka yang terjadi biasanya adalah konflik atau perselisihan.

Baca juga :

Palopo Rusuh, SBY Panggil Para Menteri ke Kantor Presiden

Thread Forum JC : Mantan itu Nggak Penting Untuk Diingat   

Kisah Nyata Evalia Novita, Wanita yang Dikejar-Kejar Utang

Paris Jackson Lakukan Aksi Percobaan Bunuh Diri

Sumber : kompas.com, metrotvnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami