Kulit Mulus Bebas Jerawat Dengan 5 Makanan Super Ini
Sumber: organicauthority.com

Gizi & Nutrisi / 10 June 2013

Kalangan Sendiri

Kulit Mulus Bebas Jerawat Dengan 5 Makanan Super Ini

Puji Astuti Official Writer
62873

Jerawat ternyata bukan hanya masalah anak remaja, bahkan orang dewasa pun dapat bermasalah dengan jerawat. Selain karena hormon, ternyata asupan makanan dan minuman serta gaya hidup seperti stress dan kurang tidur dapat memicu jerawat. Untuk memastikan organ terbesar pada tubuh kita, yaitu kulit tetap sehat maka kita harus memperhatikan baik-baik apa yang kita makan. Berikut adalah 5 makanan yang mencegah jerawat :

Kacang-kacangan

Banyak orang percaya bahwa kacang-kacangan dapat menyebabkan jerawat, ternyata sebaliknya loh. Kekurangan mineral seng dan selenium menjadi salah satu penyebab seseorang berjerawat, dan kebanyakan kacang mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, dan zat besi. Semua mineral itu sangat penting untuk kesehatan kulit.

Ikan mengandung Asam Lemak Omega 3 dan 6

Ikan menjadi sumber paling baik untuk memenuhi kebutuhan asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang dibutuhkan kulit. Asam lemak dapat mengurangi peradangan ditubuh kita yang dapat memicu munculnya jerawat. Ikan seperti salmon, makarel dan sarden sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Anggur merah

Buah, terutama anggur merah sangat baik untuk kesehatan kulit, bahkan bijinya pun disarankan untuk dimakan karena mengandung kimiawi alami yang berkhasiat dan juga antioksidan yang dapat meremajakan kulit. Lebih dari itu, anggur terbukti dapat mengendalikan efek samping alergi pada kulit. Wow, sangat bermanfaat ya anggur merah ini.

Bawang putih

Bawang putih termasuk dalam golongan makanan super karena banyak manfaatnya, salah satunya adalah membantu mengatasi peradangan karena mengandung zat bernama allicin. Allicin dapat membunuh berbagai bakteri dan virus berbahaya yang menyerang tubuh kita.
Brocoli

Sayuran dengan bentuk unik berwarna hijau ini juga memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya. Mengandung vitamin A, B kompleks, C, E dan K serta antioksidan, brokoli bermanfaat untuk membersihkan kulit kita. Manfaat akan lebih terasa jika brokoli dimakan mentah atau di jus dalam keadaan mentah.

Selain lima makanan di atas, masih ada makanan lain yang bermanfaat bagi kulit. Namun ada juga makanan dan minuman yang harus dihindari. Gula menjadi salah satu penyebab utama peradangan, untuk itu makanan manis, soda, dan arkohol sebaiknya tidak dikonsumsi. Sebaliknya minumlah air putih yang cukup. Jangan makan gorengan karena mengandung lemak jenuh, kurangi asupan kafein dengan menghindari kopi dan teh karena dapat merangsang hormon yang menimbulkan jerawat.

Ingin kulit mulus, sehat dan juga cerah, cobalah terapkan pola makan yang sehat dengan bahan-bahan di atas ya...

Baca juga artikel lainnya :

Masker Coklat Untuk Dapatkan Wajah Menawan

Obat Anti Jerawat Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Mitos Jerawat di Bulan Kasih Sayang

Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Huffingtonpost.ca | Organicauthority.com | mnn.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami