Obat Anti Jerawat Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Fit & Charming / 5 October 2012

Kalangan Sendiri

Obat Anti Jerawat Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Lois Official Writer
12450

Mungkin terdengar seram jika obat anti jerawat ternyata merupakan virus yang bersarang di wajah kita. Namun, para ilmuwan menemukan bahwa virus jinak itu merupakan penangkal alami bakteri penyebab jerawat. Seperti kita ketahui, penyebab jerawat ada banyak, salah satunya bakteri yang dinamakan Propionibacterium. Bakteri inilah yang bisa dibasmi oleh virus jinak di wajah.

Virus ini sejenis bakteriofag, yaitu virus yang hanya makan bakteri, bukan sel manusia sehingga virus ini berbeda dengan virus HIV atau polio. Karena tinggal di tempat yang sama (wajah kita, red) virus ini diyakini lebih ampuh mengatasi jerawat daripada obat-obatan yang ada di pasaran.

Untuk mengobati jerawat, ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Namun, jika antibiotic akhirnya gagal, bakteri dapat menjadi resisten. Selain itu obat jerawat banyak memiliki efek samping yang merugikan. Menggunakan virus bakteriofag untuk membunuh bakteri jerawat ini bisa menjadi pendekatan yang lebih efisien karena pada dasarnya virus tersebut predator alami.

Virus ini bisa digunakan secara langsung sebagai obat atau terapi. Kini para peneliti berencana mengisolasi protein aktif dari virus dan menguji apakah memiliki efektifitas yang sama seperti virus aslinya.

 

Baca Juga:

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Chord Lagu : No Turning Back

Humor di Dalam Pernikahan

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami