Cuaca Jakarta Panas? Ini Alasannya

Nasional / 20 March 2013

Kalangan Sendiri

Cuaca Jakarta Panas? Ini Alasannya

daniel.tanamal Official Writer
1698

Siapapun yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pada beberapa hari belakangan merasakan cuaca yang begitu panas. Padahal jika menilik pada kalender, saat ini masih termasuk dalam rentang musim penghujan yang umumnya berlangsung dari November - Maret 2013.

Bidang Pengkajian Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan ( BPPT) mempunyai alasannya. Pihak mereka menjelaskan  bahwa terik matahari yang begitu menyengat disebabkan karena posisi Matahari berada di atas khatulistiwa dan gelombang Madden–Julian oscillation (MJO).

"Di wilayah Indonesia pada umumnya, khususnya Jakarta, kondisi pertumbuhan awan berkurang. Akan tetapi akan meningkat lagi pada kira-kira minggu terakhir April," tutur Kepala Bidang Pengkajian Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan ( BPPT), Tri Handoko Seto, seperti dirilis Okezone, Rabu (20/3/2013). 

Dirinya juga menjelaskan bahwa MJO atau fenomena ostilasi ini hanya berlangsung sekira 45 hari, di mana pada periode ini bisa memunculkan banyak hujan atau sebaliknya. "Suatu wilayah puncaknya bisa 2 minggu. Meskipun musim hujan, kalau terdapat ostilasi ini, maka pertumbuhan awan hujan bisa berkurang," terangnya. 

"Namun demikian, ini harusnya sudah masuk pancaroba. Ciri-cirinya, sudah banyak hujan, namun di siang terik, siang sampai sore tiba-tiba ada mendung yang gelap, hujan deras tetapi tidak sampai berjam-jam. Pola-pola musim pancaroba, umumnya akhir Maret sampai April," jelasnya. 

Bijak untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang terjadi dengan kondisi alam sekitar akan menjauhkan kita dari perkiraan-perkiraan usang yang cenderung mistis.

 

 

Baca Juga Artikel Lain :

Kriminalisasi Pendeta HKBP Dianggap Modus Baru

Hugo Chavez Dianggap Berperan Atas Terpilihnya Paus Francis I

Gereja Atheis Diminati Hingga Ke Bali

Jokowi Bongkar Habis Bangunan di Tepi Sungai

Diplomat yang Hobi Berkeliaran Bugil, Dipulangkan

AS Bantah Lakukan Perlawanan Terhadap Pemerintah Venezuela

Paus Francis I Diminta Tidak Mengutuk Homoseks

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami