Minggu Pengampunan, Awali Prapaskah Kristen Orthodoks

Internasional / 18 March 2013

Kalangan Sendiri

Minggu Pengampunan, Awali Prapaskah Kristen Orthodoks

Puji Astuti Official Writer
3721

Minggu, 17 Maret lalu merupakan Minggu Pengampunan bagi umat Kristen Orthodoks di seluruh dunia. Hari terakhir sebelum memasuki Masa Prapaskah dimana puasa yang berlangsung selama 49 hari atau biasa dinamakan "The Great Fast" akan dilakukan hingga perayaan Minggu Paskah Kudus yang jatuh pada tanggal 5 Mei pada tahun ini.

Menurut artikel yang ditulis dalam Radio The Voice of Russia, "Minggu Pengampunan" berawal dari kekristenan abad pertama. Saat itu seorang biarawan Mesir yang akan pensiun  pergi ke gurun untuk puasa 40 hari sebelum Paskah. Karena tidak ada seorangpun yang tahu apakah ia akan berhasil melewati pencobaan itu, maka ia meminta maaf pada teman dan sahabatnya, dan mereka dengan senang hati mengampuninya.

Itu sebabnya pada Minggu Pengampunan itu, orang Kristen Orthodoks akan saling berucap "maafkan aku" dan berharap respon berupa "Semoga Tuhan mengampunimu" demikian penjelasan nara sumber VOR, Imam Agung Maxim Kozlov dari gereja St. Seraphim Sarov di Moscow.

"Untuk umat Kristen [Orthodoks] untuk memasuki Prapaskah, masa pertobatan, sangat penting untuk berdamai dengan Tuhan secara spiritual, tetapi harus dimulai dari berdamai dengan orang terdekat dan terkasih. Karena Juru Selamat kita menyatakan jika kita mengampuni orang yang bersalah kepada kita, maka Bapa yang di Sorga juga mengampuni kita," jelas Imam Agung Kozlov.

Walau demikian Imam Agung Kozlov juga mengingatkan umat Orthodoks di Rusia adanya tradisi membakar boneka jerami yang merupakan bagian dari tradisi pagan yang coba dihidupkan kembali untuk tujuan komersial. Hal tersebut menurutnya berbahaya karena membuat kebenaran yang hakiki dari Minggu Pengampunan menjadi bias.

Saat ini di Rusia, ada tradisi menjelang Minggu Pengampunan mereka mengundang teman dan kerabat untuk pesta meriah di rumah. Namun para pemimpin umat mengingatkan bahwa cara terbaik untuk memasuki masa Prapaskah adalah dengan berdoa dan mawas diri.

Baca juga artikel lainnya :

Obama Akan Berkunjung ke Tempat Yesus Dilahirkan

Masih Takut Setan?

Tuhan Ingin Anda Bahagia

Menjadi Orang Tua yang Berhasil

Racun Lebah, Cara Terampuh Bunuh Virus HIV

Jatuh Bangun Dalam Bisnis, Namun Bebas Dari Hutang!

Lionel Messi Digemari Paus Francis

Sumber : Radio The Voice of Russia | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami