Menjadi Orang Tua yang Berhasil

Parenting / 16 March 2013

Kalangan Sendiri

Menjadi Orang Tua yang Berhasil

Zee Official Writer
4366

Sifat dan karakter seseorang merupakan dua hal yang terbentuk sejak kanak-kanak. Untuk itu, peran orang tua dan keluarga merupakan hal yang paling penting dalam pertumbuhan seseorang.

Sebagai orang tua, sudah merupakan sebuah tugas dan tanggung jawab untuk mendidik putra-putrinya. Untuk itu, pada kesempatan ini, tim Jawaban.com akan membantu Anda dengan beberapa tips sebagai petunjuk untuk menjadi orang tua yang berhasil.

#1 Konsisten

Seorang anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ia akan merasa ingin tahu hal-hal baru yang masih asing baginya, sehingga ia akan menanyakan banyak hal pada Anda. Untuk itu, sebagai orang tua Anda diwajibkan untuk konsisten memberi jawaban pada pertanyaan anak.

#2 Penetapan Batas

Penetapan batas dapat berupa peraturan atau proteksi fisik terhadap anak, sehingga anak dapat merasa aman dan terlindungi oleh orang tua mereka hingga mereka dewasa.

#3 Hindari Memaksa Anak Menjadi Seperti Orang Tua

Paham bahwa anak-anak akan tumbuh sama seperti orang tua mereka membuat para orang tua memperlakukan anaknya sesuai dengan apa yang mereka inginkan ketika mereka masih anak-anak.

Anak bukanlah versi kecil dari orang tuanya. Mereka tumbuh pada generasi dan lingkungan berbeda yang akan berpengaruh besar terhadap sifat mereka. Seringkali orang tua berharap terlalu besar sehingga kemudian kecewa karena hasil yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan bayangan mereka.

#4 Memberikan Dorongan Positif pada Anak

Sebagai orang tua, sudah selayaknya apabila Anda mengetahui hal-hal positif dan negatif pada anak Anda. Untuk membantu perkembangannya, orang tua harus membantu anak mengembangkan sisi psotof dalam diri mereka dan memberikan feedback positif juga kepada mereka.

#5 Memberikan Sedikit Hukuman Jika Anak Melakukan Kesalahan

Kesalahan yang dilakukan oleh anak dapat ditanggulangi dengan nasehat-nasehan yang membangun. Namun jika ia terus mengulanginya, Anda perlu memberinya hukuman yang bersifat positif, misalnya mengurangi jam bermainnya. Hal tersebut anak membuat anak And berpikir ulang untuk melakukan kesalahan yang sama.

#6 Hindari Kesenjangan Antara Kedua Orang Tua

Apabila anak menginginkan sesuatu yang dilarang oleh ibunya, namun diijinkan oleh ayahnya, anak akan kemudian mendekat ke ayah karena ia merasa ayahnya akan memberikan apa yang diinginkannya. Kedua orang tua sebaiknya sepaham dalam mengajar dan mendidik anak agak tercipta kestabilan dalan keluarga.

#7 Orang Tua Harus Menjaga Perilaku Mereka

Seorang anak akan cenderung mengikuti perilaku orang tuanya. Jika sebagai orang tua Anda sediri berbohong, menipu, mengumpat, mencuri, atau bahkan membuat pilihan gaya hidup yang tidak sehat, anal akan cenderung berpikir bahwa mereka diijinkan melakukan hal-hal tersebut karena orang tua mereka juga melakukan hal yang sama.

Menjadi orang tua yang baik memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti menjadi orang tua yang berhasil adalah hal yang mustahil. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu Anda.


Baca juga artikel lainnya:

Pilihlah Kursus yang Tepat untuk Anak Anda

Oz: The Great and Powerful - Kekuatan VS Siasat

Polda Metro Jaya Dekatkan Polisi dengan Anak-anak

Sumber : Detik Health / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami