Kisah Unik di Balik Sandal Jepit (1)

Nasional / 9 February 2013

Kalangan Sendiri

Kisah Unik di Balik Sandal Jepit (1)

Lois Official Writer
2382

Sisi lain dari sandal jepit adalah maraknya kejadian unik yang merebak di seputarnya. Tentu kita bertanya-tanya, mengapa sandal jepit bisa menarik perhatian, padahal dia hanyalah alas kaki sederhana. Namun, itulah uniknya sebuah sandal jepit. Menurut wikipedia, sandal jepit diperkirakan dipakai pertama kali di jaman Mesir Kuno pada tahun 4000 SM. Berikut ini adalah beberapa kisah menarik yang terjadi seputar sandal jepit yang dilansir oleh detik.com, Jumat (8/2), yaitu :

Dalai Lama dan Sandal Jepitnya di Gedung Putih

Seperti dilansir BBC, 19 Februari 2010 lalu, Dalai Lama mengunjungi Gedung Putih, Washington dengan menggunakan sandal jepit. Tak biasa memang, namun Gedung Putih menghormati gaya pakaian Dalai Lama ini. Dalai Lama kemudian diterima Presiden AS Barack Obama di Map Room daripada di Oval Officenya. Sebelumnya, Dalai Lama juga bertemu dengan dua presiden Amerika lainnya, Bill Clinton dan George W. Bush dengan gaya pakaian yang tak berubah plus alas kaki sandal jepit.

Sandal Jepit Jadi Lambang Ketidakadilan

Sandal jepit mendunia gara-gara kasus penganiayaan yang menimpa AAL, pelajar SMK berusia 15 tahun pada November 2010. Briptu Ahmad Rusdi geram karena sandalnya berulang kali hilang dan dia melihat AAL berada di lokasi kejadian. Maka AAL pun diinterogasi, AAL mengaku terjadi pemukulan kala itu. Kasus ini pun bergulir ke pengadilan dan Polda Sulteng pun telah menghukum polisi penganiaya AAL. Pemberitaan ini menarik perhatian Budhi Kurniawan untuk membuka posko “seribu sandal jepit” sebagai solidaritas ketidakadilan yang menimpa AAL. Posko di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Menteng, Jakarta Pusat menerima 600 pasang sandal jepit aneka ukuran untuk diserahkan ke Mabes Polri sebagai tanda protes.

Tidak hanya dua kejadian di atas, sandal jepit juga membuat heboh karena menyangkut orang-orang penting lainnya. Tidak hanya Dalai Lama, bahkan Obama pun terlibat dengan kejadian seputar masalah sandal jepit ini. Bagaimanakah kisahnya? Simak di sini.

 

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Penyakit Kulit yang Bisa Menjangkit Usai Banjir

Resep Enak Pempek Palembang

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (1) 

Anak Terlibat Narkoba, Salah Orangtuakah? 

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami