Penyakit Kulit yang Bisa Menjangkit Usai Banjir

Fit & Charming / 1 February 2013

Kalangan Sendiri

Penyakit Kulit yang Bisa Menjangkit Usai Banjir

Lois Official Writer
6122

Kulit adalah pelindung tubuh paling luar yang langsung terkena benda-benda sekeliling, jika kulit terluka maka tubuhpun rentan penyakit. Karena itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit kita. Penampilan pun akan tampak lebih indah jika kita memiliki kulit yang bersih, sehat, dan terawat. Namun, ada beberapa penyakit kulit yang dapat mengganggu tubuh yaitu :

Eksim

Yaitu kelainan kulit yang tampak meradang dan iritasi. Tanda-tandanya yaitu kulit bersisik, kemerah-merahan, gatal pada malam hari untuk eksim yang kering, pecah-pecah, bengkak, munculnya gelembung kecil berisi air atau nanah, melepuh, dan terasa panas. Eksim bisa terjadi saat alergi atau asma. Selain itu, dapat juga disebabkan karena serbuk sari tanaman, iklim, debu, dan gangguan emosi.

Kudis

Di musim banjir ataupun karena kurang menjaga kebersihan tubuh dapat menimbulkan kudis. Rasa gatalnya terjadi terutama terjadi di bagian sela-sela jari tangan, di bawah ketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, area sekeliling puting susu, dan permukaan depan pergelangan tangan dimana terjadi pada malam hari. Penyakit ini tertular dengan mudah melalui sentuhan ataupun menyentuh barang-barang yang digunakan penderita.

Kurap

Tandanya yaitu bercak merah berbentuk lingkaran pada kulit yang bersisik dengan daerah aktif pada pinggir [kamus]lesi[/kamus]. Keadaan yang lembab dan kurang menjaga kebersihan kulit tubuh merupakan faktor utama terjadinya kurap. Kurap juga bisa menular akibat bertukar pakaian dengan si penderita. Bagian yang paling sering berpenyakit ini adalah badan, kepala, kaki, dan lipatan paha.

Bisul

Bisul dapat tumbuh di semua bagian tubuh, namun kemungkinan terbesar di bagian tubuh yang lembab, daerah yang banyak mengeluarkan keringat, mengalami gesekan, dan area yang terdapat banyak rambut. Penderita bisul biasanya adalah orang yang tidak menjaga kebersihan kulit tubuhnya dan beresiko tinggi pada beberapa orang dengan sistem imun yang lemah, diabetes, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Bisul yaitu infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada satu fortikel rambut dengan gejala berupa tonjolan agak merah, terasa panas, dan berisi nanah yang membentuk di bawah kulit.

Panu

Penyebab penyakit ini adalah jamur, biasanya akan terasa gatal. Pada bagian yang terkena panu, biasanya nampak agak putih. Untuk mengobatinya, kita bisa mengoleskan krim obat yang banyak dijual di apotik-apotik.

Ada banyak penyakit kulit lainnya yang juga menyerang manusia seperti cacar air, campak bahkan ada yang berbahaya seperti melanoma (kanker kulit). Yang harus kita perhatikan terutama adalah kesehatan dan kebersihan baik diri sendiri, orang sekitar kita, maupun lingkungan agar dapat terhindar dari semua penyakit kulit ini.

 

Sumber : anneahira-lifebuoy by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami