Seberapa Kecilkah Kita?
Kalangan Sendiri

Seberapa Kecilkah Kita?

Lois Official Writer
      3957

Yohanes 3: 30

“Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil”

 

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 25; Matius 25; 2 Tawarikh 27-28

 

Memang mudah untuk mengatakan bahwa kita harus makin kecil dan Yesuslah yang makin besar, tapi tidak pada kenyataannya. Pada kenyataannya, kita sering menganggap segala sesuatu yang baik terjadi, karena memang seharusnya begitu. Jika tidak, mengapa kita tidak bersyukur setiap hari?

Sekarang marilah kita mencoba bertanya kepada diri kita sendiri dengan beberapa hal berikut ini dan jawablah dengan sejujur-jujurnya. Apakah setiap hari ada saja hal-hal yang kita sesalkan di dalam hidup kita, baik itu hal kecil ataupun hal besar? Ketika hal buruk terjadi, apakah kita mengomel pada Tuhan? Jika pekerjaan kita tidak lancar, jika bertengkar dengan orang lain, jika macet, jika keuangan sedang kacau, jika kehidupan tidak bahagia, jika hal-hal yang kita inginkan belum bisa kita raih, jika semua hal tidak sesuai rencana kita, apakah kita bersungut-sungut?

Jika semua pertanyaan di atas dijawab dengan kata “Ya” maka artinya kita menempatkan diri kita jauh lebih besar di atas Tuhan. Fokus utama kita bukanlah Tuhan tapi diri kita sendiri. Artinya, kita membesarkan diri kita dan mengecilkan Tuhan.

Bahkan bisa dikatakan, Tuhan ditempatkan untuk memenuhi kehidupan kita jadi indah. Tuhan hanyalah pelengkap untuk hidup kita lebih berarti. Karena itulah, diri kita yang jadi hal utama dan bukannya Tuhan.

Hidup yang kita hidupi sekarang ini, sebenarnya dapat dipakai Tuhan secara efektif. Kita menjadi kecil dan Tuhan jadi besar ketika kita menyerahkan semua hal ke dalam tangan Tuhan dan kita yakin Dia akan bekerja sesuai dengan rencana-Nya. Karena kita hanyalah hal kecil, tidak seharusnya fokus kita hanya kepada kehidupan kita pribadi tapi bagaimana Tuhan bisa dimuliakan melalui hidup kita ini.

Mulailah menggali, memahami, dan mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan di dalam hidup kita dan hidupilah hidup yang demikian. Maka, kita akan makin kecil, Tuhan makin besar, tapi janji Tuhan juga berlaku bahwa semuanya, semua berkat yang ada, akan ditambahkan kepada kita.

 

Hidupilah hidup yang memuliakan Tuhan setiap waktu. Hidup yang seperti itu akan membuat Tuhan makin besar dan kita makin kecil, namun janji-Nya yaitu semuanya akan ditambahkan kepada kita.

Ikuti Kami