Nama Baik
Kalangan Sendiri

Nama Baik

Puji Astuti Official Writer
      4026

Amsal 22:1

Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 23; Matius 23; Yesaya 1-2

Adolf Hitler, Osama bin Laden, dan Joseph Stalin, semua nama itu memiliki kesamaan. Nama-nama itu mengkomunikasikan sesuatu saat kita mendengarnya, bahkan menimbulkan perasaan tertentu dalam hati dan pikiran kita. Dalam hal ini adalah kejahatan, ketakutan dan terror.

Tapi mari coba dengar nama-nama berikut : George Washington, Abraham Lincoln, Bunda Theresa, dan Martin Luther King, Jr. Nama-nama tersebut juga mengkomunikasikan sesuatu dengan sangat kuat. Namun apa yang kita rasakan berbeda, yaitu kebaikan, kasih, keadilan dan kepedulian kepada sesama.

Inilah pointnya, nama mereka sangat kuat mewakili pribadinya. Nama mereka merangkum seluruh karya hidup mereka, apa yang mereka perjuangkan dan segala sesuatu tentang hidup mereka. Cukup sederhana, pada akhir hidupnya, seseorang dapat didefinisikan dengan nama mereka.

Hal yang sama juga berlaku atas hidup kita, karakter kehidupan kita akan menentukan bagaimana nama kita diingat. Pilihan-pilihan yang kita buat dalam hidup kita – apakah kita berjalan dalam kehendak Tuhan atau mengejar keinginan kita sendiri – akan menghasilkan nama baik atau nama buruk nantinya.

Jadi mari hari ini kita menanyakan pertanyaan ini : Jika orang mengenang nama kita, seperti apakah nama kita dikenal? Ingatlah bahwa kualitas nama kita lebih penting dari nilai harta sebanyak apapun.

Jagalah prilaku kita, dengan demikian kita melindungi reputasi kita. Sebuah harta yang sangat berharga dalam kehidupan ini.

Ikuti Kami