Selalu Baru & Dinamis

Selalu Baru & Dinamis

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
5059

Matius 9:17

Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."

Dunia ini tidak menyadari kalau banyaknya perubahan yang baik yang telah dirasakan dan dinikmati manusia sampai saat ini, semua itu, adalah dampak dari karya Yesus Kristus yang telah berhasil mengubah zaman kegelapan (karena dosa dan hukuman) menjadi zaman yang penuh dengan terang dan kasih karunia.([kitab]yohan1:16-18[/kitab])

Pribadi, ajaran dan spirit Yesus Kristus telah mengubah banyak orang menjadi lebih baik. Meskipun demikian Yesus Kristus ini selalu menjadi bahan perdebatan, dibenci, dipelajari dan juga dicintai. Ya, Anak Tunggal Allah ini telah menerobos budaya, tradisi, agama dan ketidakmungkinan. Perkataan-Nya sendiri telah digenapi dan banyak orang yang mengutipnya, “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” ([kitab]marku9:23[/kitab])

Pribadi-pribadi yang dulunya penakut kini menjadi seorang pahlawan, pribadi-pribadi yang minder kini telah menjadi seorang yang tampil bersinar dan menginspirasi, dan yang paling dasyat adalah seorang penjahat atau pendosa menjadi pribadi yang mengasihi dan melayani sesamanya.([kitab]itimo1:15-16[/kitab])

Belum lagi banyak anak muda, wanita, maupun orang yang sudah lanjut usia menghasilkan karya-karya yang briliant dan membawa perubahan bagi dunia ini. Padahal banyak dari mereka awalnya tidak pernah dianggap dan diperhitungkan sesamanya.([kitab]ikori1:27[/kitab])

Tahukah Anda bahwa kalau diselidiki dengan seksama, mereka semua berhasil karena pengaruh dari Injil yang mereka dapatkan dari sekolah, kawan atau keluarga mereka.([kitab]0roma1:16[/kitab])

Lagi pula bila kita renungkan secara akal sehat apakah mungkin seorang yang lumpuh terbelenggu karena minder, rasa takut, kecewa, tertuduh, dan bahkan karena dosa-dosanya dapat menghasilkan karya yang positif dan berguna bagi orang lain? Atau mungkinkah orang yang dibutakan oleh kebencian, kemarahan, iri dan keegoisan dapat memperhatikan kebutuhan orang lain atau bangsanya? ([kitab]lukas6:39[/kitab]; [kitab]yohan8:34[/kitab])

Dan apakah terpikirkan oleh Anda jika orang yang sakit dan terikat/kecanduan dengan kemabukan atau percabulan dapat membawa orang mengalami perubahan hidup? Lalu bagaimana seorang yang begitu picik, dan munafik karena dibatasi oleh hukum agama maupun adat istiadat mereka dapat menyelamatkan orang lain dari budaya dan adat yang berbeda? ([kitab]matiu23:15[/kitab])

Dari sejak zaman Adam hingga Musa (munculnya Taurat) manusia hidup dalam masa kegelapan dan sangat ekstrem dengan perbuatan liar dan tercela. Namun sejak zaman Musa hingga munculnya ahli-ahli Taurat manusia hidup dalam keadaan frustasi karena kebanyakan dari mereka selalu gagal memahami dan mematuhi Taurat TUHAN. Bahkan yang mengerikannya manusia menjadi ekstrem munafik dan membuat diskriminasi serta pemisahan antara orang yang beragama dengan orang yang tidak beragama. ([kitab]lukas18:11[/kitab])

Tapi syukur kepada Allah Bapa di Surga, Bapa dari Yesus Kristus, yang telah mengutus Anak-Nya Yang Tunggal menjadi Anak Manusia (bahkan dikorbankan/menderita ketidakadilan sehingga mati terkutuk di kayu salib), dunia berhasil diselamatkan dari kekalahan dan kehancuran.

Singkat cerita dunia menjadi lebih baik berkat Yesus Kristus Sang Juruselamat dunia. Seluruh kisah, ajaran, teladan, pelayanan, dan mujizat yang dibuatNya selama hidup telah banyak menginspirasi manusia dan membawa perubahan kepada generasi ke generasi karena cerita tersebut terus berkumandang kepada setiap mahluk di bumi.

Jika demikian masihkah kita menjadi pribadi yang senang dengan status quo? Masihkah mau mempertahankan tradisi, dogma, budaya, perspektif, dan aturan yang sebenarnya sudah usang? Ingat kasih setia TUHAN selalu baru setiap hari dan anggur baru-Nya hanya cocok pada kantong anggur yang baru.

 

Baca Juga :

Memperkenalkan Yesus Kristus Kepada Anak Sejak Dini

Bye Bye Majalah Newsweek!

Bom Meledak di Gereja Libya

Penyertaan TUHAN Bukan Hanya Sampai Tahun 2012

Solusi Untuk Semua Kalangan

Sumber : jp.simamora l jawaban.com

Ikuti Kami