Kurang Dari Setahun Ada 1.500 Kasus Perceraian di Malang

Kurang Dari Setahun Ada 1.500 Kasus Perceraian di Malang

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
2487

Angka perceraian yang telah diputus oleh Pengadilan Agama di Kota Malang, Jawa Timur, selama kurun waktu Januari-Oktober 2012 mencapai 1.500 perkara.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kota Malang Kasdullah, Jumat (14/12), mengatakan, penyebab utama terjadinya perceraian selama kurun waktu tahun ini didominasi oleh adanya ketidakcocokan (disharmonis) dalam rumah tangga.

"Alasan karena ketidakcocokan dalam rumah tangga hingga terjadi perceraian ini mencapai 698 perkara. Faktor Ekonomi menempati urutan kedua alasan terjadinya perceraian, yakni mencapai 464 perkara," katanya.

Sedangkan penyebab ketiga yang juga cukup tinggi, lanjutnya, adalah suami yang tidak bertanggung jawab mencapai 334 perkara, dan karena faktor pihak keempat (perselingkuhan) mencapai 18 perkara.

Keempat penyebab tertinggi tersebut, katanya, sering dijadikan alasan untuk memutus hubungan suami istri (perceraian), apalagi kalau sudah tidak ada kecocokan dalam rumah tangga.

Disamping keempat alasan tersebut, kata Kasdullah, alasan lain, seperti karena terlibat masalah hukum ada tujuh perkara serta karena kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) satu perkara.

Ia mengakui, sebelum memasuki masa persidangan semua pasangan suami istri tersebut diberi kesempatan untuk mediasi agar masalah yang dihadapi keduanya bisa diselesaikan dan mereka rujuk kembali, sehingga tidak sampai terjadi perceraian.

"Kami sudah berupaya maksimal untuk mencegah terjadinya perceraian pasangan suami istri itu. Memang, ada yang berhasil diselesaikan tanpa harus bercerai, namun sebagian besar pasangan sudah membulatkan tekatnya tetap untuk bercerai," ujarnya. [Ant/L-8]

Sungguh menyedihkan karena angka tertinggi penyebab perceraian justru karena faktor ketidakcocokan dan ekonomi. Padahal justru itulah ujian suatu rumah tangga, dimana pasangan suami isteri harus rela untuk mencocokkan diri dan bergandengan tangan dalam mengatasi masalah rumah tangganya.

 

Baca Juga :

5 Cara Ahok Atasi Macet Cawang-Grogol

Cari Isteri yang Saleh atau Perempuan Jalang? (Sesi 1)

Wow! Nenek 66 Tahun Sang Juara Angkat Besi

Beberapa Pilihan Resolusi Bagi Anda Mengakhiri 2012

Jelang Natal & Tahun Baru, 800 Personil Amankan Poso

Mengajarkan Arti Natal Yang Sebenarnya Kepada Anak

Sumber : suara pembaruan / jp.mamora

Ikuti Kami