Psikolog: Terlalu Lama Lihat Jenazah Sebabkan Depresi

Nasional / 22 May 2012

Kalangan Sendiri

Psikolog: Terlalu Lama Lihat Jenazah Sebabkan Depresi

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4024

Tim Disaster Victims Identification (DVI) telah merampungkan identifikasi korban pesawat Sukhoi Super Jet 100 pada Senin (21/5) malam. Mabes Polri melalui DVI mempersilakan keluarga melihat jenazah korban pada hari ini Selasa (22/5), dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Setelah itu, ke-45 jenazah akan dibawa ke Lapangan Udara Halim Perdanakusuma untuk menjalani upacara keagamaan dan serah terima keesokan harinya, Rabu 23 Mei 2012.

Sebelum melihat langsung kondisi jenazah korban, keluarga terlebih dahulu dipanggil oleh psikolog untuk mendapat penjelasan tentang kondisi korban serta diharapkan untuk tidak melihat jasad korban terlalu lama. Hal ini untuk meminimalisir dampak negatif seperti depresi berkepanjangan akibat melihat jasad orang yang dicintai dalam keadaan tidak utuh.

"Tujuannya kan hanya untuk melihat, jadi sebenarnya 10-15 menit sudah terlalu lama. Semakin lama dilihat, semakin kepikiran. Muncul perkiraan macam-macam dan dalam jangka panjang ini bisa menimbulkan depresi," ujar Mira Rumemser, salah seorang psikolog yang akan menjadi pendamping keluarga korban musibah Sukhoi SuperJet 100 di RS Polri, Kramatjati, seperti dikutip dari detiknews, pada Selasa (22/5).

RS Polri Kramat Jati, Jakarta selain memberi kesempatan kepada keluarga korban pesawat untuk melihat jasad korban, juga dijadwalkan untuk menyerahkan surat keterangan identifikasi korban kecelakaan serta barang-barang milik korban yang sebelumnya sudah diamankan Komite Nasional Keselamatan Terbang (KNKT).

Memang tidak mudah untuk melihat kondisi orang yang dicinta dalam keadaan tidak utuh, namun Tuhan adalah setia sehingga Dia tidak akan meninggalkan umatNya sebagai yatim piatu dalam menghadapi tantangan hidup atau kedukaan seperti ini. Biarlah Tuhan yang menjadi penghibur keluarga korban yang sedang mengalami kedukaan ini.

Baca Juga Artikel lainnya :

Bangun Komunitas Doa Lewat Media 

Perampok Tertangkap Karena Lupa Logout Akun FB 

Bad Relationship Mengapa Masih Dipertahankan?

Atasi Masuk Angin Dengan Ramuan Tradisional 

 


Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami