Natal Sehat Dengan Kuasa Pengampunan (2)

Info Sehat / 26 December 2011

Kalangan Sendiri

Natal Sehat Dengan Kuasa Pengampunan (2)

Lestari99 Official Writer
3218

Setelah sebelumnya melihat dampak dari pengampunan bagi kesehatan Anda, berikut ini Dr Frederic Luskin mendaftar 9 langkah untuk membantu mengampuni:

Akui

Kenali persis bagaimana Anda merasa, komunikasikan bahwa Anda sedang tidak merasa baik-baik saja, dan ceritakan pergumulan Anda kepada beberapa orang yang dapat Anda percaya.

Komitmen Pada Diri Sendiri

Merasa lebih baik untuk diri Anda sendiri dan bukan untuk orang lain.

Mencari Perdamaian

Tujuan mengampuni bukanlah untuk mencari penerimaan atau menyetujui apa yang telah terjadi tapi untuk menemukan kedamaian dalam situasi tersebut. Luskin mendefinisikan pengampunan sebagai “perdamaian dan pemahaman yang tidak sepenuhnya menyalahkan penyebab dari apa yang telah menyakiti kita, mengambil pengalaman hidup pribadi sebagai pelajaran dan mengubah kisah keluhan Anda.”

Mendapatkan Perspektif

Akuilah bahwa stres fisik dan emosional Anda berasal dari kemarahan dan rasa sakit saat ini, bukan dari apa yang terjadi di masa lalu.

Mengelola Stres

Ketika Anda marah, praktekkan strategi manajemen stres untuk menenangkan pertikaian emosi dalam diri Anda dan merespon secara positif.

Mengubah Harapan

Berhentilah mengharapkan orang lain untuk memberikan apa yang Anda inginkan dalam hidup.

Gunakan Kekuatan Anda Untuk Kebaikan

Fokuskan energi Anda untuk membuat tujuan yang positif bagi diri Anda daripada menggunakan apa yang menyakiti Anda sebagai sarana untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam hidup.

Hiduplah Dengan Baik

Pembalasan paling baik adalah dengan hidup bahagia. Daripada berfokus pada rasa sakit, pandanglah pada segala hal yang baik, mencintai kebaikan dan keindahan yang mengelilingi Anda.

Menebus Kesalahan

Ubahlah kisah amarah maupun kesakitan Anda menjadi satu kisah dimana Anda memutuskan secara berani untuk mengampuni daripada terus membenci.

Belajar untuk mengampuni tidak berarti Anda harus selalu memaafkan perilaku yang salah maupun kondisi yang menyedihkan. Namun belajar untuk mengampuni berarti mengakui kemarahan dan kebencian Anda, mendapatkan perspektif, kemudian secara sadar memilih untuk menebus kesalahan sehingga Anda dapat menemukan kedamaian. Dalam proses melepaskan pengampunan, Anda dapat meningkatkan kesehatan baik secara emosional maupun fisik.

 

Baca juga:


Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami