Diet Adalah Permainan Pikiran

Psikologi / 3 March 2011

Kalangan Sendiri

Diet Adalah Permainan Pikiran

Lestari99 Official Writer
3799

Kita semua tahu formula untuk menurunkan berat badan: kurangi makan, perbanyak olahraga. Namun, ada sebuah rahasia yang seringkali menyabotase diet bahkan diet yang paling baik sekalipun: stres. Apakah itu stres di pekerjaan Anda, dengan keluarga Anda, atau bahkan dengan gagasan untuk berdiet. Semakin tinggi kadar stres dalam kehidupan Anda, semakin besar kemungkinannya tubuh Anda akan mempertahankan 5, 10 atau 15 ponds terakhir dari lemak. Ini alasannya:

Saat tubuh mengalami stres, kelenjar adrenal kita memproduksi adrenalin dan kortisol yang melepaskan apa yang kita butuhkan untuk energi (menyimpan gula dan mengubah protein menjadi energi), sehingga tubuh kita memiliki apa yang mereka butuhkan agar siap bereaksi. Pikirkan nenek moyang kita dulu yang harus memiliki energi yang cukup untuk melarikan diri dari predator. Kita memang berevolusi, namun tidak secepat itu. Sementara merupakan hal yang normal bagi tubuh untuk siap dengan sendirinya saat dibutuhkan. Jika kelenjar adrenalin secara terus-menerus berada di dalam kondisi overproduksi (seperti stres), kelenjar ini akan berhenti untuk berfungsi dengan benar. Peningkatan ini dalam tingkat tertentu baik untuk respon jangka pendek, namun terus-menerus berada dalam kondisi stres akan menguras kelenjar adrenal kita. Saat itu tubuh kita akan berhenti menghasilkan kortisol dalam tingkat yang diperlukan. Hasil akhirnya: Anda mengalami stres dan tidak dapat mengubah energi yang tersimpan (lemak/protein/gula) menjadi apapun. Jadi energi yang tersimpan itu hanya akan ada di sana tanpa bisa dimanfaatkan.

Saat membicarakan diet, seseorang dapat melihat bagaimana stresnya lemak-lemak akhir itu justru bisa menjadi bumerang.

Menghilangkan stres tingkat tinggi menjadi hal yang tidak realistis bagi kebanyakan orang, namun ada cara untuk mengurangi stres sehingga tidak menyabotase diet dan kebiasaan makan Anda yang sehat. Berikut adalah dua cara bagaimana Anda dapat memulainya setiap hari kurang dari 10 menit!

1. Kenali Stres Anda

Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus berada dalam kondsi stres, cari tahu kenapa. Anda mungkin tidak bisa mengubah pekerjaan atau bos Anda, atau menghentikan anak Anda untuk berlari-lari mengelilingi rumah, namun Anda dapat mengidentifikasi penyebab stres dan mengenalinya.

2. Temukan Cara Memperbaiki Diri Dalam 5 Menit

Apakah Anda cenderung makan berlebih saat Anda pulang setelah menghadapi hari penuh stres atau ketika anak-anak terus berlari selama masa-masa pertumbuhan aktif mereka? Temukan sesuatu yang dapat menenangkan detak jantung Anda. Bahkan menyikat gigi selama 2 menit dapat melakukan keajaiban untuk membuat Anda berhenti bergerak dan membantu Anda untuk kembali bersemangat. Apapun itu akan sangat membantu Anda untuk mengakhiri hari dengan sehat.

Sumber : shine
Halaman :
1

Ikuti Kami