Inseason Generation

Inseason Generation

Lestari99 Official Writer
      7236
Pengkhotbah 3:1
Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 116; 1 Korintus 4; Hakim-Hakim 20-21

Di dalam Alkitan Bahasa Inggris, Pengkhotbah 3:1 dibuka dengan kalimat "To every thing there is a season...". Di dalam kehidupan manusia akan selalu ada "pergantian musim". Orang-orang yang berhasil ialah mereka yang berhasil menangkap pergantian musim sehingga dapat mengeruk keuntungan dari musim tersebut.

Perubahan musim menuntut perubahan cara hidup. Perubahan musim menuntut adanya perubahan. Jika musim dingin berganti menjadi musim panas, ada banyak benda yang biasa kita gunakan di musim dingin yang tidak dapat kita pakai di musim panas. Perubahan musim menuntut perubahan cara hidup. Menolak untuk berubah berarti menghancurkan diri sendiri.

1 Tawarikh 12:32 berbunyi: "Dari bani Isakhar orang-orang yang mempunyai pengertian tentang saat-saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel:..."

Kehidupan kita pasti mengalami perubahan musim, seperti lulus kuliah, mendapat pekerjaan baru, pindah rumah baru, punya mobil baru, dan lain-lain. Ingatlah, bahwa waktu musim kehidupan berubah, kenalilah perubahannya supaya kita dapat mengambil tindakan yang tepat dan dapat memperoleh keuntungan dari keadaan tersebut. Beradaptasilah, tanpa harus mengkompromikan kebenaran.

Perubahan merupakan aturan main kehidupan yang telah Allah "setting". Menolak untuk berubah sama saja mempersiapkan diri untuk gagal. Selalu ada harga untuk sebuah perubahan. Tindakan yang tepat pada saat yang tepat (right action in the right time) membawa kita kepada suatu keberhasilan. Berhasil berarti menghasilkan hasil (berbuah).

Barang-barang yang out of season (ketinggalan zaman) akan didiskon murah (nilainya turun). Mengapa? Karena sudah tidak relevan dengan trend yang ada dan tidak menjawab kebutuhan generasinya. Dengan mengenali pergantian musim kehidupan, kita akan menjadi anak-anak muda yang relevan agar kita dapat menjawab kebutuhan generasi ini. Dengan begitu, generasi ini akan menganggap kita berharga karena mereka membutuhkan kita. Untuk hal inilah kita dilahirkan di saat-saat ini. Karena itu, tidak relevan adalah dosa!!!

Kehadiran Anda di zaman ini harus menjadi jawaban bagi kebutuhan generasi Anda. Bangkitlah dalam perubahan zaman!

Sumber : Ps. Ferry Felani, S.Th. Pastor of City Gate Apostolic Community

Ikuti Kami