Bijaksana terhadap Kritik
Kalangan Sendiri

Bijaksana terhadap Kritik

Lestari99 Official Writer
      7336
Yehezkiel 2:6
Dan engkau, anak manusia, janganlah takut melihat mereka maupun mendengarkan kata-katanya, biarpun engkau di tengah-tengah onak dan duri dan engkau tinggal dekat kalajengking. Janganlah takut mendengarkan kata-kata mereka dan janganlah gentar melihat mukanya, sebab mereka adalah kaum pemberontak.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 76; Roma 4; Bilangan 35-36

Suatu kali, seorang pemain musik muda mengadakan konser perdana, tetapi ia dicela habis-habisan oleh para kritikus setelah konser. Ia sedih dan depresi. Melihat hal itu, Jean Sibelius, komposer Finlandia yang terkenal, menghiburnya. Sambil menepuk-nepuk pundak pemain musik itu, ia berkata, "Ingat Nak, tidak ada satu pun kota di seluruh dunia yang mendirikan patung penghargaan untuk kritikus."

Orang yang baru pertama kali tampil biasanya melakukan banyak kesalahan dan sering kali mendapat banyak kritikan dan penolakan. Misalnya, tahun 1954 Jimmy Deny, manajer Grand Ole Opry, memecat Elvis Presley setelah pertunjukan dan berkata, "Kamu tidak akan terkenal, Nak. Sebaiknya kamu kembali menjadi supir truk."

Contoh lain, tahun 1959 pejabat tinggi Universal Pictures memecat Clint Eastwood karena giginya cuwil, jakunnya menonjol dan bicaranya terlalu pelan. Tahun 1962 perusahaan rekaman Deka menolak 4 pemuda yang gugup bermain untuk rekaman mereka yang pertama. Mereka berkata, "Kami tidak suka mereka. Kelompok gitaris tidak begitu populer." Keempat pemuda itu adalah The Beatles.

Mereka tidak patah semangat. Jika Anda mendapat banyak kritikan dan penolakan, jangan putus asa. Maju terus dan temukan peluang yang lain.

Kritik adalah vitamin bagi kemajuan dalam hidup Anda. Responi dengan bijak.

Ikuti Kami