Mengubah Kepribadian
Kalangan Sendiri

Mengubah Kepribadian

Admin Spiritual Official Writer
      9278
Matius 12:33
Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 25; Matius 25; Kejadian 49-50

Menurut seorang psikolog, kepribadian yang kurang baik dapat diubah dengan cara memperhatikan dan mengubah apa yang kita katakan. Kepribadian yang kurang baik biasanya akan terpancar melalui perkataan-perkataan yang negatif, menjatuhkan atau tidak enak didengar.

Perkataan kita amat penting bukan hanya untuk orang lain yang mendengar, melainkan untuk diri kita sendiri. Kebiasaan berkata negatif atau kotor akan mempengaruhi tindakan kita. Kitab Roma berkata bahwa iman datang dari pendengaran. Apa yang kita katakan akan didengar oleh telinga kita. Bila kita mendengarnya berkali-kali, maka itu akan menjadi iman atau kepercayaan kita. Kita akan melakukan apa yang kita percayai. Bila tindakan kita kurang baik, maka orang tidak akan suka bergaul dengan kita.

Cara yang baik untuk mengontrol perkataan kita yaitu dengan menjaga hati kita. Perkataan yang keluar dari mulut berasal dari dalam hati.  Hati yang penuh dengan kemarahan dan kepahitan akan mengeluarkan kata-kata yang pedas dan pahit. Sebaliknya, hati yang tenang dan damai akan mengeluarkan kata-kata perdamaian juga. Kitab Amsal berkata, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Berubahlah menjadi lebih baik daripada hari kemarin!

Sumber : 365 Perjalanan Bersama Tuhan, Jeanne Handojo

Ikuti Kami