Menu Harian: Konflik
Kalangan Sendiri

Menu Harian: Konflik

Admin Spiritual Official Writer
      5563
Bilangan 13:30
Kemudian Kaleb mencoba menentramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 55; Markus 5; Yesaya 63-64

Tidak ada yang menyukai konflik, tapi sayang sekali konflik adalah sesuatu yang sangat umum, tidak terhindarkan di kantor. Bahkan rasanya sudah menjadi "daily affair".

Beberapa konflik ringan-ringan saja seperti perbedaan pendapat, beberapa lainnya efeknya cukup berat seperti saling teriak, banting pintu, saling fitnah, menjatuhkan, dan lainnya. Akibatnya jelas, semangat kerja menurun, produktivitas menurun, tidak ada kerja tim. Pada akhirnya jelas perusahaan yang merugi dan kita sendiri tentunya stress.

Respon kita bisa bermacam-macam: hindarilah konflik, buatlah setiap orang lain senang, menurut saja dan cari aman, atau belajarlah bagaimana mengalihkan konflik pada orang lain. Begitu ada sesuatu yang tidak enak, salahkanlah orang lain atau segera gunakan pihak lain untuk menyelesaikan masalah.

Yosua dan Kaleb juga berhadapan dengan konflik ketika 10 orang rekannya berteriak-teriak menghujat Musa karena ketakutan melihat penduduk Kanaan. Yosua dan Kaleb tentunya punya pilihan untuk mengikuti arus, atau menghindari konflik dengan mengikuti keinginan massa yang mengamuk. Tetapi bukan itu yang mereka lakukan, mereka memberitakan kebenaran, tentang Allah mereka yang perkasa. Lalu mereka berusaha menerangkan paradigma mereka dan mengajak orang Israel untuk melakukan apa yang benar.

Sejarah memang mencatat bahwa mayoritas mereka akhirnya tetap memberontak, tetapi kedua orang ini juga dicatat sebagai pemimpin yang teguh dan tenang ketika menghadapi konflik, dan sebagai teladan yang baik.

Cara terbaik menghadapi konflik adalah dengan memegang teguh kebenaran.


Ikuti Kami