Alkohol dan Alkoholic

Alkohol dan Alkoholic

Admin Spiritual Official Writer
5681
Seorang alkoholik tidak dapat mengontrol kebiasaan minum mereka. Jika anda adalah alkoholik, anda mempunyai dorongan dan hasrat untuk minum. Ketika anda minum, sisi personalitas negatif anda seperti marah, mungkin akan makin kuat dan masalah anda akan terlihat besar. Dalam tujuan menutupi keadaan alkoholik, anda mungkin cenderung untuk berlebihan dalam area lain kehidupan anda.

Sebagai gantinya, anda perlu untuk minum beberapa kali dalam satu hari untuk bisa menghadapi hari, menghadapi masalah dan untuk bisa santai. Dan bahkan anda minum dalam jam kerja. Tentunya ini berarti bahwa pekerjaan anda dan efisiensinya akan hilang. Rumah tangga anda kemungkinan akan menderita. Anda diperbudak oleh dosa alkoholik.

Dalam hal inipun masih ada harapan. Tuhan dapat membawa anda pada pembersihan secara total, menguduskan anda dan membenarkan anda (1Korintus 6:9-11). Meskipun kebiasaan alkohol adalah kejatuhan secara daging (Galatia 5:19-21), Roh Tuhan atau Roh Kudus dapat dan akan menghasilkan kontrol diri yang anda perlukan untuk mengalahkan kecanduan minum ini (Galatia 5:22-23).

Apa yang Tuhan katakan dalam FirmanNya

Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.Amsal 28:13

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.Yakobus 5:16.

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.1Yohanes 1:8-9

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Yeremia 2:19

Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Yohanes 3:17

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Kisah Rasul 1:8. Ini adalah kunci mengalahkan alkoholisme, melalui kuasa untuk mengalahkan dosa.

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang
menentang hal-hal itu. Galatia 5:22-23


Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. Galatia 5:18

Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya. Amsal 20:1

Adakah Harapan?

Jika anda punya masalah dengan minuman, anda mungkin merasa menyalahkan diri anda sendiri dan juga orang lain. Daripada menyalahkan diri, bagaimanapun, Tuhan menegaskan bagaimana mengalahkan kecanduan dengan menerima keselamatan, karunia Roh Kudus dan buah Roh. Dengan semua ini maka anda akan punya kemampuan untuk menjadi orang yang merdeka dan bebas dari alkohol.

Pernyataan "sekali minum tetaplah jadi peminum" didasarkan atas fakta bahwa pecandu alkohol yang pulihtidak mungkin tidak terbujuk untuk kembali minum tanpa menjadi dikontrol oleh keinginan itu. Oleh karena itu , anda perlu meminta pada Tuhan untuk membawa anda bebas dari keinginan untuk minum sama sekali.

Pertolongan Praktis

Anda mungkin telah mencoba menghentikan minum sebelumnya dan itu tidak berhasil. Anda mungkin telah mencoba secara religius dan bahkan setelah anda menjadi seorang Kristen. Pa yang kamu perlu adalah pertolongan praktis secara spiritual. Carilah konselor yang telah dibaptis oleh Roh Kudus. Mintalah padanya berdoa untuk membebaskan anda, khususnya untuk semua dorongan, psikologis dan ketergantungan fisik dan bahkan bagi dorongan ingin minum.

Anda mungkin sudah berkata : "Saya harus berhenti minum dan jangan pernah minum lagi", namun tekanan untuk menghadapi kehidupan tanpa minuman begitu menguasai anda. Fokuslah pada masa kini. Putuskan bahwa anda tidak akan pernah minum minuman keras saat ini juga. "Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." Matius 6:34

Anda perlu memodifikasi dan merubah gaya hidup. Alkitab mengatakan tentang suatu transformasi melalui pembaharuan pikiran (Roma 12:2). Anda dapat memperbaharui pikiran melalui membaca dan kebiasaan berpikir. Alkitab dan buku renungan kesaksian akan sangat menolong. Tinggal dalam Tuhan dan FirmanNya lebih baik dibanding memikirkan masalah anda.

Belajar dan ikuti prinsip pujian (memuji dan menghormati) pada Tuhan setiap waktu saat anda tergoda untuk minum. "Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya Ibrani 13:15. Adalah penting untuk mengubah perspektif anda dari anda terhadap Tuhan dan dari minuman kepada Tuhan. Pujilah Tuhan sebagai penyelesai masalah ktimbang masalah anda. Ingatlah bahwa anda dapat terantai terhadap dosa dengan mencoba untuk tidak melakukannya kala anda melakukan hal itu. Karena selama perhatian anda pada dosa maka anda akan menghormatinya. Namun jika perhatiannya anda adalah pada Tuhan, anda tengah menghormati Tuhan. "Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah, Ibrani 12:2.

Hubungilah gereja yang dipenuhi Roh Kudus, kelompok doa atau pelayanan alkoholik. Gembala gereja lokal dapat melakukan hal ini. Anda juga mungkin punya pasangan, kerabat atau teman yang bukan seorang alkoholik dan ingin menolong anda. Mereka sendiri mungkin membutuhkan keselamatan, dibaptis dengan Roh Kudus atau buah Roh dari Tuhan untuk kepentingan mereka sendiri. Mereka ini tidak akan lebih baik untuk menolong anda keluar dari kecanduan anda.

Kerabat terdekat mungkin perlu tahu bagaimana menolong secara spiritual sebagai upaya penyembuhan. Itu mungkin hanya memberi makan perasaan "berjuang untuk gembira" karena anda "mendapatkan apa yang layak anda terima". Sedangkan Yesus datang untuk menyelamatkan bukan untuk menyalahkan anda (Yohanes 3:17)

Tidak dapat dikatakan bahwa mereka seharusnya bertoleransi terhadap kebiasaan alkoholik anda. Malahan mereka seharusnya menawarkan untuk menolong anda. Pasangan anda, teman dan kerabat anda dapat menemukan bagaimana menolong anda dengan cara menghubungkan anda dengan pelayanan khusus bagi pecandu alkohol dan juga organisasi bagi teman dan kerabat para alkoholik.

Doa Anda

Jika anda bukanlah pemeluk Kristen lahir baru, mintalah Tuhan untuk mengampuni anda, menyelamatkan anda dan memenuhi anda dengan Roh-nya yang Kudus. Seorang yang tidak diampuni dan seorang yang tidak bersih dari kebiasaan minum tidak dapat mewarisi kerajaan Allah. Jadi mintalah telebih dahulu pengampunan dari Tuhan. 1 Korintus 6:10; 1 Yohanes 1:8-9; Roma 10:13; Lukas 13:5; Kisah Rasul 1:8.

Berdoalah bagi pembebasan anda. Ucapkan syukur dan pujilah Tuhan untuk semua kelepasan yang anda terima, kasih karunia dan pertolongan dan kuasa untuk mengalahkan kecanduan.

Berdoa untuk kelepasan dari rasa takut - rasa takut artinya "Saya tidak akan dapat melakukan hal itu", II Timotius 1:7.

Referensi bagi anda

  • 2 Timothy 2:1,4,5,11-13 tentang keberanian, keteguhan dan iman pada Tuhan.
  • Filipi 3:12-14 Tentang melupakan masa lalu
  • Mazmur 103:12 Pemisahan terhadap dosa
  • Yesaya 40:31 Pembaharuan kekuatan
  • Yohanes 8:36 Kemerdekaan dalam Yesus
  • Galatia 5:1 Jaminan kemerdekaan
  • Galatia 5:22-23 Buah Roh
  • Roma 10:17 Iman yang diimpartasikan
  • Roma 8:31-37 jaminan dalam Kristus
  • Amsal 29:25 Keamanan dalam Tuhan

Tips apa yang harus dilakukan di hari pertama anda tanpa minum

1. Tampillah bersih, berpakaian rapih.
2. Cobalah untuk makan yang cukup baik
3. Jangan membesar-besarkan ketidaksenangan.
4. Hindari argumen dan konflik lainnya
5. Lakukan apapun yang anda dapat lakukan dengan mudah
6. Hadapi situasi sosial dengan realistik
7. Jauhkan diri dari kawan-kawan peminum
8. Anda tahu anda tidak sendiri. Banyak orang ingin melalui hari bersama anda.
9. Jangan habiskan waktu menguatirkan tentang apakah apakah anda akan tidur malam ini.

Tips untuk menghadapi hari-hari berikutnya

1. Ingatlah bahwa Tuhan mengasihi anda. Dosa tidak punya klaim atas diri anda.
2. Bersiap untuk menolak minum kembali.
3. Jangan rasionalisasikan bahwa : (a) Saya perlu minum untuk tetap sadar atau (b) waktu yang buruk adalah untuk disalahkan ketika anda makan terlalu sedikit atau menjadi dikuasai keletihan.
4. Tegaskan kembali : "Saya tidak akan minum lagi hari ini!".
5. Ingatlah Filipi 4:13 : "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku."
6. Hubungi pemimpin rohani dan mintalah doa dan pertolongan lainnya sewaktu anda membutuhkannya. Than mempunyai kasih yang besar bagi anda. Mintalah Dia memimpin hidup anda pada orang percaya lain yang Tuhan berikan pada anda dengan suatu kasih dan menaruh perhatian pada anda dan orang lainnya yang juga mempunyai masalah yang sama. Sumber : cbn

Ikuti Kami